Cara Merawat Rem Cakram Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 04 Feb 2021 06:39 WIB
Pembersih Piston Kaliper Rem Cakram Motor
Cara merawat rem cakram motor. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Rem merupakan perangkat penting pada motor untuk mengurangi atau memberhentikan laju roda. Rem cakram, perlu dipantau dan dirawat agar performanya tetap optimal saat diperlukan.

Dikutip dari laman Suzuki, berikut beberapa tips sederhana merawat rem cakram motor yang bisa dilakukan sendiri, maupun di bengkel.

1. Memperhatikan Kondisi Pemasangan Rem

Agar rem dapat bekerja dengan baik, perlu pemasangan yang tepat sesuai dengan yang disarankan. Bila Anda tak cukup yakin memasang sendiri, Anda bisa menyerahkannya ke bengkel resmi atau bengkel umum.

2. Cek Minyak Rem Secara Berkala

Minyak rem memiliki peran yang cukup banyak dalam menunjang performa rem cakram. Agar rem cakram dapat difungsikan dengan baik, maka memperhatikan minyak rem wajib dilakukan. Memeriksa kondisi minyak rem secara berkala merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan sendiri.

3. Cek Kondisi Selang Rem

Apabila minyak rem sudah berada dalam kondisi baik, maka komponen selanjutnya yang perlu diperiksa adalah selang rem. Selang rem mempengaruhi aliran minyak rem ke rem ketika sedang digunakan.

Hindari kebocoran selang agar tidak terjadi ketumpahan minyak rem. Sifat minyak yang licin nantinya pasti akan mempengaruhi kinerja rem cakram.

4. Mengganti Kampas Rem Bila Sudah Aus

Berbicara mengenai rem, sudah pasti bersangkutan dengan gaya gesek. Kinerja rem yang memanfaatkan gaya gesek secara langsung dibantu oleh kampas rem. Bila telah menemukan kondisi kampas yang aus, maka sebaiknya segera menggantinya.

Kampas rem memiliki peluang aus yang tinggi dalam penggunaannya. Maka dari itu, penting sekali menjaga rem agar tidak bergesekan dengan kampas yang aus. Kondisi ausnya kampas, akan membuat rem menjadi lebih licin karena gaya gesek yang ditimbulkan semakin kecil.



Simak Video " Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)