Pengguna Nmax Jangan Bingung Lagi, Ini Fungsi Lubang Kecil di Swingarm

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 03 Feb 2021 09:38 WIB
Fungsi lubang kecil di swingarm Yamaha Nmax
Fungsi lubang kecil di swingarm Yamaha Nmax. Foto: Screenshot Facebook
Jakarta -

Yamaha Nmax sudah hadir lama di Indonesia dan cukup disukai konsumen Tanah Air. Meski demikian, ternyata masih banyak pengguna Nmax yang belum paham fungsi-fungsi yang ada di motornya.

Contohnya seperti yang ditanyakan oleh AndRy Setyawan di grup Facebook Komunitas Yamaha Nmax Indonesia. Dia masih kebingungan mengenai lubang kecil yang ada di swingarm atau lengan ayun Yamaha Nmax. Ia malah khawatir, jika lubang itu sebenarnya tertutup, lalu baut atau skrupnya hilang.

Lubang kecil di Yamaha Nmax non ABSLubang kecil di Yamaha Nmax non ABS Foto: Yamaha

Jadi sebenarnya, apa fungsi lubang di swingarm tersebut? Apakah memang ada baut penutupnya? detikOto coba menanyakan hal itu langsung kepada Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro.

Menurut Anton, lubang kecil itu memang ada di semua unit Nmax varian non ABS. Sementara di Nmax versi ABS, lubang itu tertutup oleh sebuah part pendukung kinerja teknologi Anti lock Braking System (ABS).

Lubang kecil di Yamaha Nmax ABS ditutup oleh bolt rear speed sensorLubang kecil di Yamaha Nmax ABS ditutup oleh bolt rear speed sensor Foto: Yamaha

"Jadi itu lubang untuk tempat bolt rear speed sensor di model All New Nmax Connected ABS," kata Anton, melalui pesan singkat kepada detikOto, Selasa (2/2/2021).

"Sementara di unit Nmax non ABS, (lubang itu) tidak dipakai. Itu kan common part (komponen bersama) dan (memang) tidak ditutup," sambung Anton.

Nah, sudah jelas ya, jadi bagi pengguna Nmax non ABS, jangan bingung atau khawatir lagi terhadap keberadaan lubang kecil di swingarm. Sebab hal itu memang sudah bawaan dari pabrik, jadi tidak akan berpengaruh terhadap performa maupun pengendalian berkendara.



Simak Video " Lebih Agresif! Ini Dia Tampang Baru Yamaha Nmax"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)