Awas! Motor Matik Langsung Nyelonong saat Digeber

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 03 Feb 2021 13:48 WIB
Dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales berkesempatan menjajal line up terbaru motor Yamaha Indonesia. Rossi menjajal All New Nmax.
Motor matik Yamaha Nmax. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Di media sosial sedang viral petugas polisi yang mencoba memberikan hukuman kepada pengendara Nmax berknalpot bising. Pengendara Nmax itu diminta untuk mendengarkan knalpot bising.

Namun yang menjadi perhatian warganet adalah ketika polisi mencoba menggeber motor berknalpot bising tersebut. Motor matik ini tidak dalam kondisi distandar, ban belakang masih menempel ke aspal. Saat digeber, motor langsung melaju tak terkendali.

[Gambas:Instagram]



Seperti diketahui, motor matik tak punya gigi netral sehingga ketika digas motor langsung melaju. Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, peristiwa itu terjadi kemungkinan karena operasional yang dilakukan kurang tepat.

"Ini salah satu kurangnya pemahaman pengendara terhadap motornya. Jika, operasional dilakukan secara terukur sesuai SOP, santai tidak emosi, perlahan tidak buru2, hati-hati, faktor error-nya kecil," kata Sony kepada detikOto, Rabu (3/1/2021).

Menurutnya, masing-masing motor punya rintangan bahaya yang berbeda-beda. Motor matik yang mungkin terlihat kecil dan dipergunakan untuk perkotaan bukan berarti tidak memiliki risiko bahaya tinggi.

"Misalnya, saat berhenti wajib mesin off, anak kecil tidak boleh berada di depan, gasnya harus smooth," saran Sony.

Dia mengatakan, motor matik pun tak perlu digeber-geber dalam kondisi diam/tidak dikendarai. Salah-salah, peristiwa dalam video viral ini bisa saja terjadi. Motor jadi rusak dan bisa menabrak objek lain yang kemungkinan jadi properti milik orang lain.

"Motor matik nggak perlu digeber-geber, karena bukan juga motor balap. Motor matik nggak perlu dimodifikasi, karena memang didesain untuk jarak dekat dan pelan. Jadi supaya awet, aman/jauh dari bahaya, motor matik harus dioperasionalkan dengan smooth. Intinya gunakan motor matik sesusi dengan kebutuhannya," kata Sony.



Simak Video "Jelajah dengan Motor Matik, Grobogan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)