5 Perlengkapan Berkendara Ini Wajib Dipakai saat Main Motor Offroad

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 09:13 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda CRF150L dengan desain dan performa mesin motor on-off sport sejati yang siap menghadirkan petualangan menyenangkan melebihi ekspektasi pengendaranya. Motor ini mampu menaklukan tantangan di segala kondisi medan sehingga memberikan kebebasan pengendaranya untuk menikmati segala petualangan.
Mau main motor offroad? Pastikan perlengkapan berkendara ini dipakai. Foto: Astra Honda Motor
Jakarta -

Berkendara offroad memiliki keseruan tersendiri. Dengan beragam tantangan kontur tanah yang bervariasi hingga petualangan ke lokasi yang sulit dijangkau dengan motor biasa membuat motor offroad banyak penggemarnya.

Jika Anda ingin berkendara dengan motor offroad, perlengkapan berkendara atau riding gear jangan sampai ketinggalan. Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, riding gear yang digunakan untuk kegiatan offroad maupun di jalan raya tidak jauh berbeda, namun terdapat beberapa elemen riding gear yang memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda.

"Perbedaan ini paling jelas dapat dilihat antara bentuk helm untuk berkendara off road dan on road yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi. Selain itu, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan off road dan on road," ujar Lucky.

Apa saja perlengkapan berkendara motor offroad yang harus digunakan?

1. Helm

Baik motor jalan raya maupun motor offroad, pengendaranya wajib menggunakan helm. Perlengkapan berkendara yang satu ini sangat penting untuk berkendara on road maupun off road untuk menghindari benturan secara langsung kepada pengguna sepeda motor.

Namun terdapat perbedaan bentuk pada helm untuk berkendara offroad. Bagian pelindung rahang pada helm offroad lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang saat terjadi benturan.

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda CRF150L dengan desain dan performa mesin motor on-off sport sejati yang siap menghadirkan petualangan menyenangkan melebihi ekspektasi pengendaranya. Motor ini mampu menaklukan tantangan di segala kondisi medan sehingga memberikan kebebasan pengendaranya untuk menikmati segala petualangan.PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda CRF150L dengan desain dan performa mesin motor on-off sport sejati yang siap menghadirkan petualangan menyenangkan melebihi ekspektasi pengendaranya. Motor ini mampu menaklukan tantangan di segala kondisi medan sehingga memberikan kebebasan pengendaranya untuk menikmati segala petualangan. Foto: Astra Honda Motor

"Selain itu, biasanya pada helm untuk offroad tidak memiliki visor. Pet pada helm offroad juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya," tambah Lucky.

2. Goggle atau kacamata

Mengingat helm offroad tidak memiliki kaca, pengendara offroad bisa menggunakan goggle atau kacamata khusus. Perlengkapan riding ini umumnya digunakan saat berkendara offroad untuk menjaga bagian mata dari benda asing dan mencegah terjadinya pengembunan pada kaca helm akibat proses pernapasan saat berkendara.

"Saat berkendara offroad, kinerja fisik lebih dipacu sehingga menyebabkan dibutuhkannya oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor. Oleh karena itu, goggle ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor," ujar Lucky.

Selanjutnya
Halaman
1 2