Tanda-tanda Kampas Rem Motor Harus Diganti

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 21 Nov 2020 07:03 WIB
Kampas rem Honda PCX Lokal
Ketahui indikator kampas rem perlu diganti. Foto: Muhammad Ikim
Jakarta -

Mengendarai motor tidak sekedar soal bisa melaju. Hal terpenting dari motor adalah bagaimana cara mengendalikan dan berhenti, yang mana peran rem menjadi sangat krusial.

Untuk itu penting sekali anda memperhatikan kondisi rem motor, salah satu bagian krusialnya adalah kampas rem. Ini adalah bagian rem yang paling sering diganti karena menjadi komponen utama dalam proses pengereman.

kampas rem ini digunakan baik oleh rem jenis tromol maupun jenis cakram. Pada sistem tromol bekerja dengan memanfaatkan tekanan kampas rem pada dinding drum brake. Sementara itu pada jenis cakram, pengereman mengandalkan daya jepit kampas rem pada cakram.

Komponen yang paling banyak digunakan ini memiliki batas pakai dan usianya. Supaya perjalanan tetap nyaman ada beberapa indikator yang menentukan kampas rem harus diganti seperti dilihat di laman Astra Honda Motor.

1. Suara Berdecit

Cara pertama mengetahui kampas rem sudah habis adalah lewat indera pendengaran. Biasanya akan muncul suara berdecit yang terjadi karena kampas sudah menipis. Suara ini biasanya juga muncul ketika rem basah atau sudah kotor, namun pada kasus ini akan hilang setelah kering atau dibersihkan.

2. Tuas Rem Lebih Dalam

Indikasi ini dapat dirasakan pada sistem rem tromol. ampas yang menipis memperbesar jarak antara dinding muka kampas dengan dinding cakram atau drum sehingga membuat jarak tarik tuas rem semakin jauh.

Ilustrasi injak rem (detikcom)Ilustrasi injak rem (detikcom) Foto: Ilustrasi injak rem (detikcom)

3. Batas Aus

Di kampas rem ada indikator keausan yang dapat dilihat. Indikator tersebut biasanya berupa lubang yang membentuk garis pada dinding kampas. Jika lubang garis tersebut sudah menipis atau tak terlihat, itu tandanya kampas harus diganti.

4. Minyak Rem Berkurang

Ketika kampas rem aus, penggunaan minyak rem akan lebih banyak. Artinya ketika kampas rem tipis minyak rem berkurang banyak yang mana akan berujung pada tidak maksimalnya sistem pengereman.



Simak Video "Rem Blong, Bus Nyungsep ke Jurang Tasikmalaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)