Selasa, 17 Nov 2020 06:29 WIB

Motor Wajib Dicuci Sehabis Kehujanan? Ini 5 Tips Perawatan di Musim Hujan

Rizki Pratama - detikOto
Pengendara sepeda motor melintas di jalan perumahan Komplek Ikip yang tergenang air di Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/2/2020). Genangan air setinggi 10-30 cm tersebut muncul akibat curah hujan yang tinggi dan saluran drainase menuju Kanal Banjir Timur yang buruk. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah Tips merawat motor di musim hujan. Foto: ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Musim hujan sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Begitu juga dengan sepeda motor, perawatannya juga perlu ditingkatkan agar tidak bermasalah atau rusak.

Selain menjaga motor tetap sehat, memeriksa dan merawat beberapa bagian di bawah ini cukup krusial demi keselamatan berkendara. Berikut tips merawat motor saat hujan dari Astra Honda Motor.

1. Rajin Cuci Motor

Selain menjaga tampilan motor tetap bersih, mencuci motor juga perlu dilakukan setelah melewati hujan. Hal ini bertujuan untuk menghindari proses korosi akibat zat asam yang terkandung di dalam air hujan.

Saat mencuci motor usahakan tidak menggunakan air dengan tekanan tinggi. Sebab ada risiko air bisa masuk lewat celah-celah sambungan kabel.

2. Periksa Tekanan Angin Ban Motor

Tekanan ban yang tepat untuk motor di cuaca dingin dan panas tidak sama. Jangan sampai tekanan angin ban berlebih atau kurang yang mengakibatkan ban cepat rusak dan kurangnya kenyamanan serta kestabilan pengendalian.

3. Periksa Rem Motor

Selain ban, rem juga memegang peran penting dalam keselamatan berkendara apalagi di musim hujan seperti ini. Periksalah perangkat rem motor mulai dari tuas sampai ke kanvas rem.

Di musim hujan bahan kanvas rem yang terbuat dari asbes akan mudah mengembang saat basah dan mengeras saat kering. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem setelah berkendara di bawah hujan agar tak ada kotoran yang menempel di celah rem. Kotoran yang menempel di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem.

4. Periksa Rantai Motor

Selain memastikan rem dibersihkan setelah kena hujan jangan lupa beri pelumas juga. Tidak hanya itu perhatikan juga tegangan rantai. Jika terlalu kencang atau kendur rantai dan gir bisa cepat aus atau bisa terlepas dari dudukannya.

Sebagai takaran, standar ketegangan rantai sepeda motor adalah 2 cm.

5. Periksa Busi Busi Motor

Busi juga perlu diperiksa apalagi setelah berkendara melewati hujan. Cek kop atau karet penutup busi dan pastikan dalam kondisi kering.

Jika basa, bersihkan busi dengan lap kering hingga kering. Sebab jika basah proses pengapian akan terganggu oleh air tersebut.



Simak Video "Tips Libur Long Weekend di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com