Kamis, 15 Okt 2020 07:33 WIB

8 Langkah Mudah Membuat Blok Mesin Motor Mengilap Lagi

Luthfi Anshori - detikOto
Honda akhirnya benar-benar memperkenalkan Honda Blade terbaru. Motor bebek andalan Honda itu kini menggendong mesin 125 cc dengan sistem injeksi. Harganya? Mulai dari Rp 15.350.000 on the road di Jakarta. Ilustrasi mesin motor. Foto: Syubhan Akib
Jakarta -

Selain bodi dan kaki-kaki, blok mesin juga menjadi salah satu bagian motor yang wajib dibersihkan. Namun terkadang, area mesin luput dari perawatan karena letaknya yang di bawah dan kotoran membandel yang cukup sulit dihilangkan.

Dilansir dari laman Wahana Honda, pekerjaan membersihkan mesin motor bisa menjadi kegiatan yang asyik jika Anda tahu metodenya. Cara ini diklaim cukup ampuh dalam membersihkan kerak atau noda di mesin motor, dan dijamin mesin motor akan kembali mengilap.

Berikut 8 langkah mudah membersihkan blok mesin motor:

1. Siapkan alat dan bahan-bahan, seperti air, metal polish, kain berbahan lembut, sampo motor, amplas, sikat, dan ember.

2. Posisikan sepeda motor dengan menggunakan standar dua atau center stand. Ini bertujuan untuk membuka ruang lebih banyak pada bagian mesin sebelum mulai dibersihkan sehingga Anda akan lebih mudah mengilapkan mesin motor.

3. Basahi terlebih dahulu seluruh bagian mesin motor. Kemudian bersihkan blok mesin dengan menggunakan sikat yang sudah diberi cairan sampo hingga berbusa. Busa ini akan mengangkat minyak yang melekat pada permukaan blok mesin.

4. Setelah proses mencuci selesai, lap mesin motor hingga kering dengan menggunakan kain kering berbahan lembut.

5. Jika blok mesin sudah benar-benar kering, kini saatnya untuk mengeksekusi noda yang membandel. Anda dapat memakai amplas untuk menghilangkan noda-noda tersebut. Amplas merata ke seluruh bagian blok mesin untuk memastikan noda terangkat semua.

6. Selanjutnya, kamu bisa mulai proses mengilapkan mesin motor dengan metal polish. Cairan ini merupakan produk khusus untuk mengilapkan metal atau besi. Usapkan metal polish secara merata pada seluruh permukaan blok mesin. Gosok terus hingga permukaan blok mesin benar-benar mengilap.

7. Diamkan selama beberapa saat hingga metal polish benar-benar mengering dengan sempurna.

8. Langkah berikutnya adalah mengecek kembali permukaan blok mesin. Jika masih ada noda yang membandel, kamu dapat menggunakan lap kering dan menggosoknya hingga noda tersebut hilang.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com