Kamis, 08 Okt 2020 07:08 WIB

Sering Ngecas Handphone di Motor, Aki Bisa Tekor?

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi ngecas handphone di motor Ilustrasi ngecas handphone di motor. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Socket charger atau port pengisian daya gadget kini menjadi fitur yang wajib ada di setiap sepeda motor keluaran terbaru. Beberapa produsen motor menawarkan fitur tersebut sebagai standar bawaan. Selain itu, banyak produsen aftermarket juga menawarkan aksesori port charger untuk bikers yang ingin ngecas hp di sepeda motornya.

Pertanyaannya? Jika handphone atau gadget dicas terus-terusan melalui port charger, apakah bukannya akan membuat battery atau aki cepat tekor?

Dikutip dari laman Suzuki, mengecas baterai handphone di sepeda motor bisa saja membuat aki cepat tekor. Hal itu bisa terjadi jika proses pengecasan dilakukan saat motor dalam kondisi diam.

Kenapa bisa demikian? Sebab saat motor dalam posisi diam, aki tidak memproduksi listrik sama sekali. Beda saat motor dalam kondisi menyala, listrik di aki bakal selalu terisi penuh yang dialirkan dari spul dan kiprok. Maka itu, fitur charge hp ada baiknya digunakan ketika motor sedang menyala atau lebih baik dikemudikan.

Tips Agar Mengisi Daya Hp di Motor Tidak Menyebabkan Aki Menjadi Soak

Charge hp sebagai salah satu fitur pada motor ini pada dasarnya memanfaatkan energi dari aki sebagai energi listrik utama yang dikonsumsinya. Hal ini tentu saja mempengaruhi ketersediaan aki pada motor sehingga perlu diperhatikan pula beberapa hal yang mungkin akan membuatnya boros.

Tanda bila aki telah soak, biasanya adalah timbul performa yang kurang dari motor. Dalam hal ini, terkadang klakson akan mengeluarkan suara serak dan tidak nyaring sebagai tanda aki telah soak.

Selain itu, motor sulit di-starter juga merupakan kondisi aki yang mulai melemah. Hal ini memang tidak bisa dihindari, namun dapat diperlambat. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan konsumsi aki ketika memanfaatkan fitur charge hp pada motor ini.

Fitur ini memberikan manfaat dan kemudahan, namun juga dapat menimbulkan efek samping negatif bila digunakan secara berlebihan. Agar charge hp motor tidak menyebabkan aki cepat soak, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut, seperti mengecas handphone di rumah terlebih dahulu, tidak terlalu sering menggunakan fitur charge di motor, mengecas handphone ketika motor menyala, dan tidak mengoperasikan handphone ketika mengecas di motor.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com