Jumat, 18 Sep 2020 15:58 WIB

Bikers Harus Paham Etika di Jalan, Haram Meludah dan Merokok Saat Riding

Luthfi Anshori - detikOto
Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor tepatnya untuk larangan merokok sambil berkendara mulai dijalankan. Pahami etika saat berkendara motor. (Mindra Purnomo)
Jakarta -

Berkendara motor tidak selalu terkait erat dengan unsur keamanan dan patauh peraturan lalu lintas. Selain dua hal tersebut, ada etika yang harus dipahami pengendara motor saat berada di jalan raya.

Seperti disampaikan Safety Riding Department Head PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky Margo Utomo, etika dan sikap respek dengan pengguna jalan lain menjadi poin penting dalam berkendara motor.

"Misalnya, tidak melanggar peraturan lalu lintas dan melawan arus yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, atau tidak melakukan aktivitas di luar berkendara, seperti mengobrol, bercanda, karena menurunkan konsentrasi sebagai pengendara," bilang Lucky, dalam keterangan resminya, Jumat (18/9/2020).

Lucky juga menyarankan kepada pengendara motor agar tidak merokok dan meludah sembarangan saat berkendara. "Karena selain dapat membahayakan diri sendiri, aktivitas tersebut juga membahayakan pengendara lain dari dampak negatif abu, putung rokok, juga virus, atau kuman yang terbawa oleh air liur. Lebih penting, jangan lupa berdoa sebelum berkendara," lanjut Lucky.

Yang penting juga sebelum berkendara motor adalah memastikan kondisi tubuh sehat secara jasmani dan rohani, penting melakukan pemeriksaan kendaraan secara berkala, serta pemanasan sebelum berkendara. Tak hanya itu, perlengkapan berkendara juga menjadi modal penting untuk menjaga keamanan, kenyamanan, sekaligus kesehatan.

"Naik motor tanpa perlengkapan berkendara tidak kami sarankan. Perangkat naik motor harus dipakai Agar berkendara tetap aman dan nyaman. Tubuh kita butuh perlindungan dari efek benturan, benda asing, cuaca, atau bahkan virus dan penyakit yang mengintai," katanya lagi.

Setidaknya ada 5 perlengkapan yang wajib digunakan bikers saat berkendara motor, yakni helm, jaket riding, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.



Simak Video "Indonesia CBR Raceday, Hadir dengan Kelas Semakin Beragam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com