Senin, 31 Agu 2020 06:19 WIB

Gak Perlu jalan Tol, Ini Tips Waktu Bersepeda yang Aman

M Luthfi Andika - detikOto
Polemik ruas Jalan Tol Lingkar Dalam Kota sebagai lintasan sepeda terus bergulir. Bahkan, para pehobi road bike menolak wacana tersebut. Waktu-waktu tertentu yang aman untuk gowes. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Usulan agar sepeda melintas di jalan tol yang diajukan Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan ramai dibicarakan. Sebab, banyak pesepeda yang tidak boleh ikut melintas di jalan tol, hanya sepeda jenis road bike saja.

Terlepas dari itu rupanya ada waktu yang tepat untuk bersepeda. Bahkan di waktu-waktu tertentu dijamin bersepeda akan jauh lebih aman, tanpa harus mengakses jalan tol.

Seperti yang disampaikan salah satu penggawa Jakarta Cycling Community (JKTCC), Ario Pratomo kepada detikOto. Ario menjelaskan ada waktu yang tepat untuk bersepeda dengan aman.

"Waktu bersepeda yang tepat itu antara setelah subuh hingga jam 10. Dan pada umumnya, waktu bersepeda itu 30 menit hingga 1 jam di pagi hari," kata Ario.

Ario juga ikut memberikan tips yang tepat sebelum bersepeda, baik menggunakan sepeda biasa maupun road bike.

"Ada tips yang berbeda antara menggunakan sepeda biasa dan roadbike. Untuk yang berlaku umum pastikan badan dalam kondisi fit, pastikan sepeda dalam kondisi yang layak, ingat turun ke jalan raya/umum berarti aturan lalu lintas berlaku, fokus! Jangan sepedaan sambil ngobrol trus di belakang bikin macet jalanan, dan terakhir jangan maksa, kalau lelah ya stop (berhenti)," kata Ario.

Sedangkan untuk tips untuk pengguna sepeda road bike, lanjut Ario, selain menjalankan tips bersepeda pada umumnya, aksesori yang sesuai harus digunakan.

"Pakai gear yang sesuai (pakaian, sepatu, dll), ikuti RC (road captain), jika lelah berhenti karena bahaya kalau dipaksa," Ario menambahkan.



Simak Video "Kampanyekan Donor Darah & Masker, Kakek Ini Gowes Sepeda Bandung-Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com