Kamis, 06 Agu 2020 10:36 WIB

Mau Main Offroad Pakai Motor, Ini Persiapannya

M Luthfi Andika - detikOto
Honda CRF 250 Rally Honda CRF250 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Olahraga motor offroad saat ini makin digemari, meski demikian persiapan yang tepat harus dilakukan agar lebih aman saat bermain. Karena seperti yang diketahui bersama berkendara dengan motor offroad memiliki perbedaan jika dibandingkan mengendarai motor konvensional.

Seperti Manager Safety Riding, Johannes Lucky pada ajang NGOVID FORWOT bersama Astra Honda Motor bertema 'Saling Jaga, Bikers di era Adaptasi Kebiasaan Baru'.

"Jadi yang pertama, perlindungan kita ketika pengendara ingin offroad itu lebih banyak dan lebih lengkap karena risikonya lebih tinggi, kita butuh alat pelindung lebih dibandingkan mengendarai motor biasa," ujar Johannes Lucky.

Tidak kalah penting, lanjut Johannes Lucky, ialah pembelajaran teknik motor offroad sebelum melakukan bermain motor offroad.

Honda CRF 250 RallyBermain offroad dengan Honda CRF 250 Rally. Foto: Grandyos Zafna

"Kedua, teknik riding motor offroad itu berbeda, jalanan offroad lebih licin dan butuh teknik-teknik berkendara khusus. Jadi kalau mau mulai belajar offroad persiapkan perlengkapannya dan belajar cara mengendarainya," kata Lucky.

"Bagaimana cara mengeremnya, bagaimana menggasnya, bagaimana saat turun dan tanjakan. Belajar praktik terlebih dahulu lebih baik, kita belajar keseimbangan, braking, tanjakan turunan baru nanti kita medan sesungguhnya," Lucky menambahkan.

Jika memang sudah mengusai teknik ditambah dengan persiapan perlengkapan yang lengkap, baru detikers bisa langsung bermain motor offroad yang sesungguhnya.



Simak Video "Berpetualang dengan Motor Trail, Brebes"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com