Rabu, 05 Agu 2020 10:49 WIB

Naik Motor saat Pandemi, Ingat! Gunakan Helm yang Ada Kacanya Ya

M Luthfi Andika - detikOto
Kepolisian di Malang punya cara tersendiri untuk terapkan jaga jarak bagi para pemotor yang berkendara di jalan. Seperti apa caranya? yuk, lihat. Berkendara motor di masa pandemi Foto: ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO
Jakarta -

Buat detikers yang hendak berkendara sepeda motor saat masa pandemi seperti sekarang, detikOto terus mengingatkan untuk menggunakan helm full face atau half face yang ada kacanya ya. Karena kaca pada helm juga bisa berperan untuk menghindari penularan virus Corona. Lho kok bisa?

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky, pada ajang NGOVID FORWOT bersama Astra Honda Motor dengan tema 'Saling Jaga, Bikers di era Adaptasi Kebiasaan Baru' menjelaskan akan pentingnya kaca helm pada masa pandemi.

"Untuk helm yang pas digunakan pada masa pandemi full face atau half face? Bicara safety jelas harus menggunakan full face karena menutup lebih sempurna, tapi kalau yang menggunakan half face, visor (kaca/pelindung pada helm) wajib ada untuk menghindari sentuhan muka," kata Johannes.

"Karena kalau helm tidak ada visornya, mata bisa kemasukan debu dan nanti tidak sengaja mata akan dikucek dengan tangan. Ini bisa berpotensi untuk menularkan virus," Johannes Lucky menambahkan.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting, lanjut Johannes, pastikan riding gear harus diganti dan terus dicuci.

"Riding gear pastikan terus diganti, disarankan untuk mengganti setiap hari terutama untuk yang terpapar langsung (terkena debu), ini harus memiliki cadangan. Saat menggunakan helm full face tetap menggunakan masker. Tapi ketika berkendara offroad dengan tenaga ekstra tapi menggunakan masker jadi pengap, kita sarankan untuk dilepas dan saat melepas tidak ada orang lain atau jaga jarak," tutup Johannes.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com