Rabu, 05 Agu 2020 21:11 WIB

Yang Harus Dilakukan Pemotor Saat Bertemu Pesepeda Newbie di Jalan

M Luthfi Andika - detikOto
Operasi Patuh Jaya 2020 tak hanya berlaku bagi kendaraan bermotor. Para pesepeda yang melanggar aturan lalu lintas juga akan ditindak di operasi ini. Tips cara menghadapi peepeda newbie yang makin banyak di jalanan (Antara Foto)
Jakarta -

Buat pengendara motor pasti saat ini kerap merasa kikuk dengan semakin banyaknya pengendara sepeda di jalan raya. Tenang dan jangan marah, karena jalanan adalah fasilitas umum untuk bersama, kami berikan tips untuk menghadapi pesepeda yang masih newbie..

Buat pengendara motor, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat bertemu dengan pengendara sepeda newbie di jalanan nih. Seperti yang disampaikan Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky, pada ajang NGOVID FORWOT bersama Astra Honda Motor dengan tema 'Saling Jaga, Bikers di era Adaptasi Kebiasaan Baru'.

Lucky mengatakan saat ini memang semakin banyak pengendara sepeda yang bermunculan di jalan, untuk itu berbagai langkah antisipasi agar bisa berkendara motor dengan aman sangat diperlukan.

Pesepada padati Jalur sepeda di Sudirman Thamrin pagi iniPesepada padati Jalur sepeda di Sudirman Thamrin pagi ini Foto: Pesepada padati Jalur sepeda di Sudirman Thamrin pagi ini (WIlda/detikcom)

"Banyak saat ini pengendara sepeda yang bergerombol, terus beberapa dari mereka mungkin newbie dalam bersepeda. Terlebih tidak memasang lampu dan membuat mereka tidak terlihat, ini patut diwaspadai dan pengendara motor harus memiliki jaga jarak aman," ucap Lucky.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan pengendara motor saat berjumpa dengan pengendara sepeda di jalanan ialah memberitahukan dimana posisi kita.

"Selain jaga jarak, agar aman para pesepeda juga perlu diberitahukan dimana posisi kita berada.Baik menggunakan lampu atau klakson, saat sudah memberitahukan posisi kita, ada baiknya pengendara motor mendahului pesepda tersebut," Lucky menambahkan.

Nah detikOto ingatkan pengendara sepeda dan motor harus sama-sama berhati-hati dalam berkendara ya.



Simak Video "Tebar Teror, 3 Anggota Geng Motor di Sukabumi Diringkus!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com