Minggu, 28 Jun 2020 16:40 WIB

4 Langkah Mudah Bikin Kaca Helm Jadi Kinclong Lagi

Luthfi Anshori - detikOto
Bell Helmets meluncurkan helm yang inovatif dengan sistem yang dinamakan ProTint. ProTint merupakan kaca helm fotochromatic pertama milik Bell Helmets. Ilustrasi kaca helm. Foto: Bell
Jakarta -

Helm yang digunakan berkendara motor sehari-hari tentunya wajib dirawat secara rutin agar tetap nyaman dipakai. Saat kaca helm buram atau kotor akibat debu jalanan, tentu bakal mengganggu visibilitas penggunanya, sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan karena kondisi jalanan tidak terlihat jelas.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan bikers dalam merawat helm kesayangan. Selain merawatnya di tempat khusus salon helm, bikers juga bisa merawat helm-nya sendiri dengan alat-alat sederhana dan cara yang mudah.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, membersihkan helm secara berkala bisa dilakukan menggunakan kain halus. Jika terlihat ada kotoran, bersihkan terlebih dulu kotoran tersebut menggunakan hand sanitizer, sabun pencuci piring, atau sabun khusus untuk mencuci kaca helm.

Cara membersihkannya pun cukup mudah. Berikut tips perawatan helm:

1. Lepaskan kaca helm dari helm-nya (langkah ini bisa dilewatkan jika Anda buru-buru).
2. Basahi kaca helm, kemudian cuci dengan menggunakan sabun hingga bersih. Ingat, gunakan sabun dan sponge lembut agar kaca bersih maksimal dan tidak tergores.
3. Bilas kaca dengan air dan keringkan dengan lap plas chamois (kanebo).
4. Terakhir, gunakan krim pembersih kaca secara merata, kemudian lap hingga bersih dengan menggunakan lap atau kain yang lembut.

Untuk menjaga kualitas kaca helm tetap bening, ada beberapa perlakukan khusus yang harus dilakukan sebagai perawatan rutin. Antara lain lap kaca helm sebelum digunakan, simpan helm di tempat yang aman atau jauh dari benda-benda yang berisiko menggoresnya, simpan helm dalam sarung khusus jika ingin disimpan dalam waktu lama.

Kemudian simpan helm di tempat penitipan helm saat Anda akan memarkirkan sepeda motor di tempat umum, seperti parkiran mall dan lainnya, usahakan helm agar tidak terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Sebab sinar matahari bisa menyebabkan kaca helm cepat buram. Jika sudah tergores atau kaca sudah buram karena usia pakai terlalu lama (rata-rata 3-5 tahun), segera ganti dengan kaca helm baru.



Simak Video "Keren! Polda Riau Pakai Helm Robocop Deteksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com