Selasa, 26 Mei 2020 16:46 WIB

Jangan Lagi Jadi 'Selonong Boy', Ini Cara Aman Pemotor Nyeberang Jalan

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil oleng dan tabrak tembok karena hindari pemotor Mobil oleng dan tabrak tembok karena hindari pemotor nyelonong.(Foto: Screnshot Instagram Dash Cam Owners Indonesia)
Jakarta -

Istilah selonong boy merujuk pada perilaku pengendara motor yang biasanya menyeberang jalan secara tiba-tiba. Tindakan ini tentu sangat membahayakan pengguna jalan lain karena bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

Kasus kecelakaan lalu lintas akibat perilaku pengendara motor seperti ini baru saja terjadi di Nganjuk, Jawa Timur, pada 25/5/2020. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Dash Cam Owners Indonesia, memperlihatkan pengguna mobil jenis LMPV mengalami kecelakaan fatal karena menghindari tabrakan dengan pengendara motor yang secara tiba-tiba berpindah jalur tanpa peringatan.

Dijelaskan Praktisi Defensive Driving, Andry Berlianto, ada cara aman yang bisa dilakukan pengendara motor ketika ingin masuk ke jalan raya atau ketika ingin menyeberang jalan.

"Yang pertama harus dilakukan adalah tidak melakukan pergerakan secara mendadak. Misal tujuan sudah dekat, baru menyeberang," kata Andry, melalui pesan singkat kepada detikOto, Selasa (26/5/2020).

Lanjut Andry menjelaskan, pengendara motor yang ingin menyeberang jalan, 50 meter sebelumnya harus sudahh menyalakan sein dan bergerak perlahan ke arah yang dituju.

"Lanjut dari sisi pengendaranya, kudu aktif melihat kaca spion dan menggerakkan kepala memeriksa apakah ada objek lain di sekelilingnya, biasakan kepala aktif bergerak melihat sekitar apalagi saat menyeberang," saran Andry.

Diberitakan sebelumnya telah terjadi kecelakaan melibatkan mobil Nissan Grand Livina yang sedang mengangkut rombongan warga untuk pergi silaturahmi.

Kondisi jalan di sekitar lokasi kejadian sebelumnya terpantau sepi. Namun tiba-tiba seorang pengendara motor tanpa helm bergerak dari arah kiri menuju ke tengah jalan. Ia melakukan pergerakan berbahaya itu tanpa menyalakan lampu sein atau menengok kaca spion.

Sang pengemudi mobil yang kaget kemudian membanting setir ke arah kanan untuk menghindari tabrakan. Namun nahas, mobil berjenis LMPV itu lantas kehilangan keseimbangan dan melaju tanpa kendali sebelum akhirnya dihentikan tembok rumah warga.



Simak Video "Nahas, Remaja di Mamuju Tewas Tergilas Truk Saat Bersepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com