Senin, 04 Mei 2020 19:14 WIB

Tahukah Kamu? Pemotor Perlu Turun saat Isi Bensin, Ini Alasannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM. Penurunan ini berlaku mulai Minggu 5 Januari 2020 pukul 00.00 waktu setempat. Pemotor disarankan turun dari motornya saat isi bensin. Foto: Antara Foto/M Agung Rajasa
Jakarta -

Dalam mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan sebenarnya ada prosedurnya. Di beberapa SPBU bahkan mengharuskan pengendara turun dari sepeda motor saat mengisi bensin.

Memang kebanyakan sepeda motor mulut tangki bensinnya ada di bawah jok. Sehingga mau tidak mau pengendaranya harus turun dari motor.

Namun, mengisi bensin tanpa turun dari motor untuk sebagian sepeda motor yang mulut tangki bensinnya tidak di bawah jok memang sangat memudahkan. Hal itulah yang biasa dilakukan kebanyakan pengendara motor sport atau beberapa motor matic.

Di beberapa SPBU, petugasnya tidak mau melayani pengisian bensin jika pengendara tidak turun dari motor. Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, juga menyarankan agar pengendara tetap turun dari motor saat mengisi bensin.

"Itu berkaitan dengan evakuasi pada saat terjadi kebakaran," kata Sony kepada wartawan dalam video conference akhir pekan kemarin.

"Tadinya saya juga agak mikir-mikir kenapa sih harus turun dan kalau nggak mau turun nggak mau diisi itu bensin. Ternyata, setelah saya pelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, kita lebih gampang evakuasi. Karena ada beberapa kasus, tangkinya ngeluarin api, si ridernya ikut terbakar," jelas Sony.



Simak Video "PPNS Metrologi Kemendag Tak Temukan Kecurangan pada SPBU Condet"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com