Sabtu, 21 Sep 2019 12:28 WIB

Melihat Proses Modifikasi Krom Pakai Teknik Celup

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori/detikOto Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Aksen krom selalu jadi penambah kesan mewah pada sebuah kendaraan. Kalau aksen krom di tunggangan terasa kurang, solusinya gampang. Tinggal bawa motor ke jasa krom biar makin kelihatan 'bling-bling'.

Kebanyakan bengkel modifikasi krom menggunakan teknik celup, untuk melapis komponen motor dengan krom. Kata Kepala Produksi Dahsyat Chrome, Nanang, teknik celup bisa membuat lapisan krom di motor terlihat 'keluar' dan bertahan lebih lama. Memang gimana sih prosesnya?



"Pertama, part yang mau dicelup akan dikerok dahulu lapisan cat bawaannya. Tujuannya biar krom menempel kuat di part tersebut," kata Nanang ditemui detikcom di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Proses modifikasi kromProses modifikasi krom Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Setelah lapisan cat bawaan 'digusur', part-part itu langsung dicelup ke sebuah bak yang telah bercampur berbagai bahan kimia di dalamnya. Cairannya sendiri berwarna hijau, dan cukup menyengat.

"Part-part ini direndam selama beberapa jam ke depan. Lamanya bervariasi, kalau part-nya kecil kayak behel, setang, footstep atau standar paling 2-3 jam rampung. Tapi kalau blok mesin moge, seperti Harley-Davidson, prosesnya bisa lebih lama antara 4-6 jam," terangnya.



Setelah mencapai durasi waktu yang ditentukan, part- part itu lantas 'ditiriskan' dan digiring ke bagian pemolesan.

"Pemolesan ini bukan hanya supaya lapisan krom makin berkilau tapi juga untuk proses QC (Quality Control). Kalau pas dipoles ada lapisan yang lepas, itu bakal kita ulang proses melapis kromnya dari awal," lanjut Nanang.

modifikasi krommodifikasi krom Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Nanang mengatakan proses dari order sampai lapisan krom tersebut jadi membutuhkan waktu sekitar sehari. "Tapi kalau antreannya lagi banyak, waktunya tentu bisa lebih lama," pungkasnya.



Untuk hasilnya, Nanang berani menjamin hasil krom dengan teknik celup ini bisa lebih berkilau dan bisa bertahan lebih lama. "Kalau dari pengalaman konsumen bisa bertahan 2 sampai 3 tahun," pungkasnya.

Simak Video "Ini Tips Biar Nggak Kalap Saat Belanja!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com