Selasa, 17 Sep 2019 08:22 WIB

Teknik Angkat Moge Jatuh yang Aman dan Efektif

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Tangerang - Memiliki motor gede (moge) tidak sama seperti memiliki motor kecil. Bahkan saat motor ini terjatuh butuh teknik khusus untuk membuatnya bisa berdiri lagi. Kalau cara mengangkat moge disamakan seperti mengangkat motor kecil, sama saja dengan berusaha untuk mencederai diri sendiri dan menambah masalah.

"Teknik mengangkat moge itu mengurangi efek cedera pada pengendara. Kadang main angkat aja tahu-tahu cedera, bebannya berat kemungkinan cedera tinggi pasti," kata Head of Safety Riding Wahana Honda, Agus Sani saat ditemui dalam kegiatan safety riding di Wahana Safety Riding Centre Jatake, Tangerang belum lama ini.

Sebelum mengangkat moge pastikan keadaan dan lokasi tempat moge terjatuh. Jika berada di atas pasir atau permukaan yang tidak padat akan menyulitkan proses ini. Setelah itu mesin dalam keadaan mati dan gigi tidak netral sehingga ban terkunci.



"Cek kondisi sekitar area ban pastikan tidak ada pasir karena bisa geser, gigi jangan netral," terang Agus.

Setelah memastikan motor dalam keadaan seperti di atas, barulah mengangkat motor bisa dilakukan. Ada dua cara aman yang bisa dilakukan untuk mengangkat moge. Pertama adalah cara dorong ke belakang. Bagian tubuh membelakangi moge lalu tangan kiri memegang stang sambil menarik tuas rem lalu tangan kanan memegang gagang pembonceng. Setelah itu doronglah motor dengan kekuatan kaki bukan tangan.

Cara angkat moge. Cara angkat moge yang terjatuh. Foto: Rizki Pratama


"Sebenarnya titik beban di paha belakang, jadi kaki yang mendorong. Tangan bukan buat ngangkat tapi buat megang supaya motor nggak jalan," jelas Agus.

Cara kedua adalah dengan menyamping di mana kedua tangan memegang setang dan tentunya tuas rem depan tetap ditarik. Pada teknik ini letakkan bagian tangki atau sisi motor pada paha sebagai tumpuan lalu dorong motor sampai terangkat menggunakan kekuatan kaki.



"Itu tumpuan di kaki jadi jangan dibebankan ke bagian pinggang. Teknik itu mengurangi cedera di bagian tubuh yang lain karena kaki lebih kuat dibanding bagian tubuh lainnya," lanjut Agus.

Cara kedua mendirikan moge yang jatuh. Mendirikan moge yang jatuh. Foto: Rizki Pratama


Teknik ini digunakan ketika motor tidak mungkin diangkat dengan mudah layaknya mengangkat motor biasa. Bahkan tidak ada kriteria khusus untuk kondisi fisik pengangkatnya, bisa dilakukan oleh orang dewasa berbadan kecil selama dilakukan dengan benar.

"Teknik itu dipakai kalau kita tidak mampu angkat seperti biasa, kalau ringan pakai cara biasa aja. Semua orang bisa, lebih kecil juga bisa, tekniknya yang paling penting," pungkas Agus.

Simak Video "Keren! Ustaz Abdul Somad Naik Moge"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com