ADVERTISEMENT
Kamis, 20 Jun 2019 07:51 WIB

Jangan Asal Pasang Pelat Nomor di Depan Spatbor Motor Matik

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dok. Facebook Foto: Dok. Facebook
Jakarta - Memasang pelat nomor di depan spatbor kini jadi salah satu tren modifikasi yang dilakukan pemilik motor skutik premium. Adapun tujuannya, supaya motor terlihat menarik secara estetika. Sebab jika dipasang tepat di depan windshield, area fascia motor jadi terlihat kurang bersih.

Namun untuk memasang pelat nomor di depan spatbor ini perlu sebuah braket atau dudukan yang dibuat produsen aftermarket. Braket ini bakal dipasang pada baut yang mengikat spatbor depan dengan suspensi depan. Meski bikin motor jadi lebih keren, modifikasi ini bisa menimbulkan masalah.


Contohnya seperti yang ramai dibahas di postingan grup Facebook komunitas Yamaha Nmax, banyak pengendara Nmax yang mengalami kasus braket copot saat mengendarai motornya. Menurut pemilik bengkel RI Matic Shop, Ikim, braket plat nomor tersebut bisa copot karena baut yang mengikat kendur.

"Jadi meskipun braket iti dibaut kencang, namanya kondisi jalan pasti akan membuat braketnya terguncang. Akhirnya baut yang mengikat jadi kendur. Jika baut ini sudah kendur, braket bisa copot dan maju ke depan," kata Ikim.

Meski risikonya cukup besar, pengguna motor skutik premium boleh-boleh saja memasang braket plat nomor tersebut. Tapi dengan syarat, pemasangannya harus kuat agar tidak mudah lepas.


"Solusinya kalau memang tetap mau pasang braket seperti itu, didobel mur atau bautnya. Jadi biar ngunci depan dan belakang. Itu lebih kuat," pungkasnya. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com