Rabu, 12 Jun 2019 09:35 WIB

Kenapa Rem Motor Matik Rentan Blong di Jalan Menurun?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Sudah jadi rahasia umum bahwa sistem pengereman motor matik rentan blong di jalan menurun, seperti di sekitar Wisata Sendi, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Tentu faktor utamanya bukan karena komponen rem itu cacat produksi dari pabrikan. Melainkan karena perilaku atau gaya berkendara motor matik yang salah.

"Ketika melewati medan ekstrem tanjakan dan turunan, maka sistem pengereman motor akan bekerja lebih keras. Efeknya bisa menimbulkan brake fading, atau penyusutan kemampuan rem akibat suhu panas," ungkap instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu, kepada detikcom.



Brake fading bisa terjadi karena gaya berkendara yang salah. Seperti diketahui pada motor matik tidak ada mekanisme engine brake yang bisa membantu menahan laju sebuah kendaraan bermotor.

"Jadi akhirnya banyak pengendara motor matik yang terus-terusan menarik tuas rem saat melewati jalan menurun. Kalau dipanteng terus temperatur konstruksi rem itu panas. Kalau dia panas walaupun rem dibejek, dia akan blong," katanya.



Penjelasan teknisnya, ketika pengendara motor matik menekan tuas rem terlalu lama atau secara terus-terusan, maka piringan dan kampas rem yang beradu akan cepat panas. Akibatnya, panas akan menjalar ke kaliper dan bisa membuat seal piston memuai. Seal piston yang macet tidak akan bisa menekan kampas secara sempurna. (rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com