ADVERTISEMENT
Rabu, 22 Mei 2019 04:36 WIB

Mau SOTR Naik Motor? Simak Agar Nyaman

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sahur On The Road (SOTR) merupakan rangkaian pemanis di bulan Ramadhan yang masih cukup dinantikan. Ada kebahagiaan tersendiri saat berbagi makanan kepada orang-orang kurang mampu dan musafir yang ada di jalan. Tetapi sering kali kegiatan tersebut malah berujung musibah.

Entah dari perilaku SOTR di jalan, ataupun karena pihak lain seperti begal. Oleh sebab itu, banyak pihak terutama pihak berwenang yang melarang masyarakat untuk melakukan SOTR. Namun untuk detikers yang masih ingin melakukan kegiatan ini secara positif, Instruktur di Rifat Drive Labs (RDL) Andry Berlianto menyarankan agar berkendara secara baik pula.



"Mulai dengan menggunakan safety gear baik, konvoi dengan tertib, tidak berkendara serampangan yang berujung arogansi dan provokatif. Kembali ke tujuan SOTR-nya saja, beramal," katanya saat dihubungi detikcom di Jakarta.

Bahkan bila memungkinkan, demi mengurangi tingkat kriminalitas libatkan juga petugas kepolisian atau pihak berwajib. "Iya, ada petugas pengatur jalur gitu. Jika memungkinkan, bisa menyertakan petugas kepolisian juga," ujar Andry.

"Tentu, saat berkendara atur waktu istirahat juga karena waktu berkendara kan ada di jam malam yang seharusnya tubuh beristirahat. Rutenya juga dibuat secara jelas, survei dahulu kecil-kecilan soal keamanannya," lanjut dia.


(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com