Selasa, 07 Mei 2019 04:25 WIB

Berkendara Motor di Bulan Puasa, Jangan Pakai Emosi

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Bulan Ramadhan 1440 H sudah tiba. Bagi umat muslim yang sudah memenuhi syarat, tentu wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Meski sedang puasa, aktivitas sehari-hari harus tetap dijalankan dengan penuh semangat.

Nah, bagi detikers yang masih harus berkendara motor setiap hari untuk menjalani aktivitas, perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini supaya ibadah puasa tetap lancar dan pekerjaan pun dapat diselesaikan.

Seperti dijelaskan Safety Riding Supervisor diler Honda MPM, Hari Setiawan, dikutip dari astra-honda.com, dalam berkendara motor di bulan puasa jangan sering pakai emosi.



"Emosi penting, tapi juga harus dilengkapi dengan pondasi yang kuat, yaitu kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual. Tujuannya agar menjadi pengendara yang sabar, sopan, sehingga bisa selamat sampai tujuan," kata Heri.

Perlu diketahui jika emosi negatif dan konsentrasi menurun karena rasa dahaga, lapar, dan keinginan untuk cepat sampai tujuan. Maka itu, para detikers sebaiknya selalu memastikan makan sahur dengan gizi yang cukup, dan bila perlu ditambah dengan konsumsi vitamin supaya mendapat tenaga lebih untuk aktivitas di siang hari.



Selain itu, detikers juga bisa menjalankan konsep Smart Riding. Bisa dimulai dengan pengecekan motor di pagi hari sebelum beraktivitas, memakai perlengkapan riding seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu, dan tentunya selalu memanjatkan doa sebelum beraktivitas. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com