Minggu, 14 Apr 2019 09:21 WIB

Cara Aman Mencopot Sticker di Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Stiker Motor. Foto: Dada Stiker Motor. Foto: Dada
Jakarta - Mencopot sticker yang menempel di motor adalah salah satu pekerjaan yang butuh ketelitian. Sebab kerap kali sticker meninggalkan noda bekas lem yang susah dihilangkan.

Melansir motorcyclecruiser, ada cara aman melepas sticker yang menempel di motor. Cara ini diklaim aman, karena bisa menghilangkan noda bekas lem, namun tetap menjamin cat bodi tetap mulus.

Cara melepas sticker ini terdiri dari lima langkah.



Pertama, semprotkan stiker dan area di sekitarnya dengan cairan penetran seperti WD-40 atau Rexco 50. Cairan penetran yang dikombinasikan dengan panas ampuh melarutkan perekat di sepanjang tepi stiker, sehingga lebih mudah untuk dilepas.

Langkah kedua, biarkan cairan penetran menempel beberapa saat, agar cairan benar-benar menyerap di lem sticker. Agar lebih cepat panas, bisa menggunakan alat hairdryer yang ditembakkan ke permukaan sticker.

Namun jangan sekali-kali memanaskan permukaan cat di sekitar sticker, karena itu bisa membuat cat rusak dan gampang tergores. Usahakan gunakan hairdryer tepat di permukaan sticker, agar sticker gampang dilepas.



Ketiga, saat sticker memanas, permukaan sticker akan menjadi lebih lentur. Ketika itu terjadi, mulailah melepas sticker secara perlahan dari satu sudut dan hati-hati dalam melepasnya.

Langkah keempat, saat sticker terangkat, tembakkan sedikit hairdryer atau heat gun ke ujung sticker, supaya proses melepas sticker jadi lebih mudah.

Kelima, setelah sticker dilepas, hilangkan perekat yang tersisa dengan cairan penetran, lalu gunakan kain bersih untuk menghilangkan bekas lem tersebut. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed