Rabu, 27 Mar 2019 21:34 WIB

Tips Ganti Lampu Supaya Tidak Silaukan Pengendara lain

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pasangmata Foto: Pasangmata
Jakarta - Pencahayaan motor merupakan bagian krusial dalam berkendara terlebih di saat malam atau cuaca buruk. Penggantian lampu dengan produk aftermarket yang menyediakan kekuatan cahaya lebih menjadi pilihan bagi beberapa pengguna yang membutuhkan.

Tapi tunggu dulu detikers, kesalahan pilihan lampu lebih terang dan pemasangan yang tidak tepat dapat membahayakan pengendara lain dari arah berlawanan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perubahan tersebut demi keselamatan berkendara kita semua.



"Dalam mengganti lampu hal yang perlu diperhatikan adalah fokus lampunya yang harus diatur. Meskipun cahaya lebih terang, jika fokusnya pas maka tidak akan menyebabkan silau pada pengendara lain dari arah berlawanan," ujar Direktur CV Sampurna Part Niaga, Lily Hernawan selaku pemegang merk Autovision saat ditemui di showroom mereka, Kosambi, Jakarta Barat (27/3/2018) dalam pengenalan produk barunnya untuk lampu Yamaha Nmax.

Supaya cahaya yang dipancarkan tidak merambat ke titik yang membahayakan pengendara lain, Autovision sendiri menghasilkan produk yang memiliki titik fokus cahaya sesuai OEM pabrikan motor.

"Untuk lampu kita titik fokus sama persis dengan OEM-nya. Yang didapat adalah lampu yang jelas dan terang, jadi fokus tidak berubah dan mengganggu pengendara dari arah berlawanan," terang Lily.



Selain itu bagian rumah lampu juga sebaiknya tidak dimodifikasi dari bawaan pabrik. Standar yang sudah dihasilkan oleh masing-masing motor menjadi acuan paling aman dalam penggantian lampu.

"Yang berpengaruh adalah rumah lampu, kita tidak sediakan reflektor karena memang lebih bagus reflektor originalnya," tambah Lily.

Pada kesempatan tersebut juga Autovision memperkenalkan lampu baru mereka untuk Yamaha Nmax, yaitu LED Nmax Gen 2. Generasi terbaru ini telah mengusung LED Light Booster Technology yang diklaim mampu meningkatkan pencahayaan lebih terang dan awet.

Teknologi terbaru yang diterapkan pada LED Nmax Gen2 ini mampu meminimalisir unsur panas. Hal ini dikarenakan PCB yang digunakan berbahan aluminium sehingga mampu menjaga suhu di bawah 80 derajat celcius.

Autovision LED Nmax Gen 2Autovision LED Nmax Gen 2 Foto: Rizki Pratama/detikOto


"Improvement yang kami lakukan pada Autovision LED Nmax Gen2 untuk memberikan kualitas terbaik pada konsumen. Seperti kita ketahui bahwa sektor penerangan merupakan salah satu kebutuhan bagi rider saat melakukab perjalanan malam hari terutama bagi pecinta turing," ujar Lily

Autovision menawarkan dua pilihan warna cahaya untuk LED Nmax Gen 2. Pilihan pertama ada warna putih dengan spesifikasi cahaya 5,500 kelvin dan kedua adalah tipe combo yang merupakan kombinasi low beam berwarna putih 5,500 kelvin dan high beam kuning 3,000 kelvin.

"Meskipun kapasitas daya lebih besar dari lampu standar serta pendaraan yang lebih terang, Autovision LED Nmax Gen 2 tidak menyilaukan pengendara lain. Formulasinya adalah posisi sorot lampu ini telah kami sesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Selain itu upgrade lampu ini tidak mengganggu suplai arus listrik pada kendaraan dengan kata lain tidak menyebabkan aki tekor," jelas Lily.



Lampu terbaru khusus Yamaha Nmax ini dibanderol dengan harga lebih murah dari generasi sebelumnya. Di seluruh Indonesia Autovision LED Nmax Gen 2 sudah bisa didapatkan dengan harga Rp 275,000 dengan garansi 6 bulan pemakain.

Kalau pancaran cahaya tergantung fokus yang diatur, untuk lampu kita titik fokus sama persis dengan oemnya. Yg didapat adalah lampur yg jelas dan terang, jadi fokus tidak berubah dan mengganggu pengendara dari arah berlawanan yang berpengaruh adalah rumah lampu, kita tidak sediakan reflektor karena memang lebih bagus reflektor originalnya. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed