Jumat, 25 Jan 2019 20:37 WIB

Cara Sederhana Agar Jas Hujan Awet

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi jas Hujan Foto: Istana Payung Ilustrasi jas Hujan Foto: Istana Payung
Jakarta - Setelah memiliki jas hujan yang berkualitas bukan berarti Otolovers lepas dari yang namanya perawatan. Agar jas hujan atau mantel hujan tetap awet, warnanya tidak kusam, dan nyaman digunakan ternyata ada caranya lho, tanpa harus menggunakan teknik khusus.

Hal ini disampaikan langsung oleh pemilik produsen jas hujan Acold, Mohamad Said. Ia menyarankan untuk mencuci jas hujan tanpa menggunakan mesin cuci, hal ini dimaksudkan agar terhindar dari kerusakan lapisan coating bahkan menyebabkan robek.



Bahkan setelah digunakan, Said menyarankan agar pemilik jas hujan membilasnya dengan air bersih dan tidak menggunakan cairan deterjen yang mengandung bahan kimia yang tinggi.

"Waktu mencuci tidak boleh pakai deterjen, seandainya hendak mencuci pakai sabun bayi dan menggunakan sikat yang halus, dan juga jangan langsung dilipat, diangin-anginkan dulu, karena kan lembab, coatingnya nanti bisa terkelupas, soalnya jika kelembapan dan panas berlebih akan mengelupas," tambah Said.

Saat tidak digunakan pun misalnya dalam musim kemarau, Said menyarankan untuk melipat jas hujan dengan rapi dan masukkan ke dalam tas khusus yang mudah dibawa.



"Kalau di motor pengguna biasanya juga kebiasaan, hindari langsung taruh jas hujan di dalam jok motor apalagi saat tidak digunakan di musim kemarau, ditambah panas dari mesin juga mempengaruhi kualitas coating," ujar Said.

"Lalu saat mengisi bahan bakar, perlu diperhatikan suka kecipratan bensin dan jas hujan yang lama tidak digunakan (dalam jok) itu yang membuat lubang-lubang kecil," ungkap Said. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed