Senin, 21 Jan 2019 15:12 WIB

Wahai Anak Muda! Ini Tips Biar Nggak Ditilang Polisi

Luthfi Anshori - detikOto
Polisi menilang pelanggar lalu lintas. Foto: Matius Alfons-detikcom Polisi menilang pelanggar lalu lintas. Foto: Matius Alfons-detikcom
Jakarta - Sepeda motor saat ini jadi alat transportasi yang dipakai mayoritas masyarakat Indonesia. Tak terkecuali oleh kelompok millenial yang punya rentang usia antara 17-35 tahun.

Nah, biar tetap aman dan sesuai aturan sehingga tidak ditilang oleh polisi, dalam mengendarai sepeda motor kamu juga perlu memerhatikan aspek keselamatan dan aspek legalitasnya ya.

Seperti dijelaskan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, sebelum mengendarai motor, ada baiknya memerhatikan kondisi fisik. "Saat bawa motor tubuh harus fit, jangan dalam kondisi capek atau ngantuk," ujar Yusuf.



Hal kedua yang perlu juga disiapkan adalah surat-surat kendaraan. "Administrasinya jangan lupa. SIM dan STNK harus dibawa," lanjut Yusuf.

Selanjutnya siapkan kendaraan. Motor yang akan dipakai, kondisi pencahayaan harus baik dan memakai dua kaca spion lengkap. Bagi pengendara, siapkan juga perlengkapan safety seperti helm, jaket, dan sarung tangan.

"Jika sudah siap berkendara, saat di jalan harus tertib berlalu lintas. Setiap jalan yang dilewati pasti ada aturannya masing-masing. Misal tidak boleh langsung belok kiri, tidak boleh putar balik, dan sebagainya," terang Yusuf.



Khusus bagi bikers yang tinggal di wilayah Jakarta dan sebagainya, wajib perhatikan juga marka jalan. Jangan sekali-sekali melanggar rambu dan marka jalan mengingat sekarang sudah ada tilang elektronik berbasis kamera CCTV atau biasa disebut E-TLE. Meski tidak ada petugas polisi, dengan E-TLE pelanggar akan terekam dan tetap bisa ditilang.

Terakhir yang juga penting adalah pandai-pandai mengontrol emosi saat berkendara motor di jalan raya. Apalagi saat berkendara di tengah kemacetan lalu lintas yang biasanya akan memberi dampak psikologis besar.



Tonton juga video 'Pemprov DKI Dukung Tilang Elektronik di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed