Sabtu, 05 Jan 2019 18:04 WIB

Kotoran dan Debu, Musuh Utama Shock Motor

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: M Luthfi Andika Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Suspensi atau peredam kejut (shockbreaker) merupakan suku cadang yang berpengaruh untuk kenyamanan berkendara. Salah satu penyakit yang kerap melanda adalah kebocoran oli pada shockbreaker.

Sales & Marketing PT Sena Autopart Indonesia (distributor resmi Ohlins) Nana Budhi Satya mengatakan yang terpenting untuk menjaga keawetan shockbreaker dengan memperhatikan kebersihan.




"Untuk merawat shock, musuh dari shock itu kotoran atau debu, kalau habis riding terkena hujan malas cuci motor, cukup dibilas saja agar kotorannya hilang," ungkap Nana.

Sebab selain usia pakai, kotoran yang masuk ke dalam suspensi bisa membuat seal yang di dalam suspensi cepat aus atau robek. Nah, hal itu yang akan menyebabkan oli shockbreaker bocor, otomatis karena pelumas yang berkurang daya rebound pun tidak maksimal.



Tidak hanya itu, kotoran yang masuk ke dalam suspensi juga dapat merusak batang as pada shock. Artinya Otolovers karena kurang apiknya kita merawat shock bisa menimbulkan dampak yang besar juga nih. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed