Pemotor Dihimbau Jangan Angkat Kaki Saat Terjang Banjir

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 03 Des 2018 16:32 WIB
Ilustrasi Foto: Antara Foto
Jakarta - Hujan yang rutin mulai mengguyur sebagian besar wilayah Jabodetabek. Mau tidak mau, kita harus menjalani aktivitas di tengah guyuran dan genangan air.

Nah, khusus bagi para pemotor ada tips khusus saat lewati genangan air nih. Ketika pemotor harus melewati banjir, usahakan kaki jangan diangkat dan tetap berpijak pada footstep.



"Nggak diperbolehkan (mengangkat kaki) karena itu akan membuat motor hilang keseimbangan, jadi pengendara mudah kehilangan kendali," ujar Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, beberapa waktu lalu.

Mengapa pemotor bisa hilang kendali? Sebab dengan mengangkat kaki, titik gravitasi pengendara akan berpindah, sementara motor yang melewati genangan air harus tetap stabil saat melewati hambatan.



"Saat kedua kaki diangkat dari footstep, maka titik gravitasi kian jauh dari permukaan dan titik gravitasi berpindah ke area bokong pengendara. Jadi motor nggak seimbang lagi," terang Jusri.

Nah, supaya pemotor tetap bisa menerjang banjir atau genangan air dengan aman, sebaiknya gunakan perlengkapan hujan. Contoh seperti mantel hujan dan mantel sepatu.


Pemotor Dihimbau Jangan Angkat Kaki Saat Terjang Banjir
(lua/lth)