Jumat, 19 Okt 2018 15:02 WIB

Alat Komunikasi Penting untuk Touring, Biar Tak Pisah Rombongan

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Touring jadi salah satu kegiatan rutin para bikers yang biasanya dilakukan ketika ada waktu senggang. Umumnya, touring bisa dilakukan secara sendirian (solo touring) maupun rombongan (konvoi).

Touring secara sendiri tentunya lebih bebas mengatur ritme berkendara maupun waktu jeda istirahat. Sementara jika rombongan, akan lebih sulit mengatur kecepatan berkendara karena masing-masing bikers memiliki karakter atau gaya berkendara.



Ditambah sulitnya komunikasi, pastinya bakal bikin rombongan touring mudah pecah. Nah, supaya rombongan touring tetap solid, caranya bisa menggunakan perangkat Communication System, yaitu alat komunikasi antar-rider yang terpasang di helm.

Alat Komunikasi Penting untuk Touring, Biar Tak Pisah RombonganFoto: Luthfi Anshori


"Fitur utama Communication System adalah intercom. Jadi sesama pengendara bisa saling bicara/ngobrol ke pengendara lain," ucap Agus Hermawan, owner Juragan Helm, Kebon Jeruk Jakarta Barat, kepada detikOto, Jumat (19/10/2018).



Namun menurut Agus, fitur intercom ini bisa dilakukan jika perangkatnya saling mendukung. "Biasanya harus dengan merek yang sama melalui sambungan Bluetooth. Bisa 2 sampai 8 orang tergantung tipe Communication System-nya," pungkas Agus.

Selain punya fitur intercom, perangkat Communication System biasanya juga punya fitur multimedia, seperti musik atau navigasi/GPS. Kesemua hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth smartphone ke Bluetooth Communication System. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed