Kamis, 29 Mar 2018 19:50 WIB

Cara Ini Bikin Pemotor Mikir Dua Kali untuk Lawan Arah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi pemotor lawan arus (Foto: Grandyos Zafna) Ilustrasi pemotor lawan arus (Foto: Grandyos Zafna)
New Delhi - Pengendara di Indonesia masih banyak yang nakal. Mereka kerap kali melawan arah dengan alasan lebih cepat sampai tujuan dan menghindari macet. Padahal, hal itu melanggar lalu lintas dan membahayakan diri sendiri juga orang lain.



Ternyata, pengendara nakal yang suka melawan arah tak hanya terjadi di Indonesia. Di India pun ada pengendara nakal seperti itu. Bedanya, India sudah punya solusi jitu dalam mengurangi pengendara nakal yang suka melawan arah.



Diberitakan Rushlane, di Amanora Park Town, Pune, India, ada alat untuk mencegah melawan pengendara yang suka melawan arah. Siapa saja yang melawan arah, niscaya ban kendaraannya akan kempis.

Begini bentuk pengempis ban untuk pengendara yang lawan arusBegini bentuk pengempis ban untuk pengendara yang lawan arus Foto: Rushlane




Ya, di sana sudah diaplikasikan alat pengempis ban. Ranjau tajam yang terbuat dari logam ditanam di jalan. Jadi, pengendara yang melawan arah maka bannya akan tertusuk ranjau tersebut.


[Gambas:Youtube]


Ranjau ini dibuat seperti sebuah polisi tidur. Jadi, jika pengendara yang melintas jalan dengan arah yang benar, kendaraan akan melaju seperti melewati polisi tidur.



Sementara dari arah sebaliknya seperti ada logam tajam. Jadi, pengendara dari arah lawan tidak bisa melewati ranjau tersebut.

Ini tampaknya akan menjadi solusi yang sangat tepat untuk menghentikan pengendara yang suka melawan arah. Solusi itu mungkin bisa juga diterapkan di jalanan Indonesia yang sudah banyak pengendara melawan arah. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed