Sabtu, 24 Feb 2018 08:27 WIB

Ini Alasan Tidak Boleh Menempelkan Jari di Tuas Rem Motor Saat Melaju

Ruly Kurniawan - detikOto
Ini Alasan Tidak Boleh Menempelkan Jari di Tuas Rem Motor Saat Melaju Foto: Brake Free Ini Alasan Tidak Boleh Menempelkan Jari di Tuas Rem Motor Saat Melaju Foto: Brake Free
Jakarta - Salah satu alat komunikasi ketika berkendara ialah melalui lampu. Oleh karena itu, meski tampak remeh ternyata fitur tersebut memiliki arti tersendiri loh Otolovers seperti lampu belakang yang berwarna merah menandakan adanya perlambatan (bahaya). Tapi sayang, tidak banyak pengendara yang benar-benar peduli dan memahami hal tersebut.

Herry Wahyudi, trainer Rifat Drive Labs mengungkapkan salah satu informasi yang kurang ke pengendara adalah fungsi dari lampu sebagai salah satu alat komunikasi kepada pengendara lainnya. Hal tersebut terlihat masih banyak para pemotor yang menempelkan jari di tuas rem motor.

"Dikendaraan, lampu adalah salah satu alat komunikasi, semuanya memiliki maksud dan arti tersendiri. Lampu sein warnanya kuning artinya adalah peringatan, sedangkan lampu rem atau lampu belakang yang berwarna merah artinya bahaya karena ada perlambatan," katanya di Jakarta.

"Tapi karena kebiasaan yaitu menempelkan jari ke tuas rem saat motor tengah melaju kita jadi tidak tahu apakah benar kendaraan didepan melakukan perlambatan atau tidak. Ini yang harus diingat bahwa, ketika jari kita berada di tuas rem, itu lampu belakang (rem) menyala juga," lanjut Herry.

Dikesempatan tersebut, ia memohon kepada pengendara agar mengurangi kebiasaan tersebut. Karena ditakutkan hal itu malah akan membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

"Jangan gara-gara jari menempel saja lampu rem nya terus menyala. Sehingga, yang dibelakang bingung menentukan laju karena tidak jelas," kata Herry.

"Selain itu juga kalau tangan terus menempel di tuas rem takutnya ada gerakan reflek yang mengakibatkan motor slip dan jatuh. Misalkan sedang bengong atau tiba-tiba fokus mengendara hilang, lalu seketika ia melihat seperti lobang, otomatis dalam alam bawah sadarnya dia bakal mencet (tekan-Red) rem karena sudah disentuh. Bahaya kan? Tapi kalau untuk siaga (jari berada di tuas rem) boleh saja asal gak sering," tutupnya. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Layar Pemilu
×
Serangan Balik La Nyalla
Serangan Balik La Nyalla Selengkapnya