Libur Panjang Mau Touring? 7 Destinasi Tak Jauh dari Jakarta Ini Oke Juga

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 20 Des 2017 14:19 WIB
Foto: Istimewa/AHM
Jakarta - Libur akhir tahun sebentar lagi tiba. Tak ada salahnya untuk refreshing sejenak dari kepenatan aktivitas. Otolovers juga bisa menghilangkan penat dengan melakukan touring.

Ya, touring menjadi pilihan banyak pencinta otomotif untuk sekadar menyegarkan pikiran. Destinasi-destinasi menarik di Indonesia pun banyak menjadi tujuan touring.

Tak perlu jauh-jauh sampai menyeberang pulau, dekat dari Jakarta juga banyak destinasi wisata menarik. Otolovers bisa memilih beberapa opsi tujuan touring yang menarik ini. Apa saja? Ini dia.

1. Puncak

Kawasan Puncak BogorKawasan Puncak Bogor Foto: Grandyos Zafna


Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih menjadi destinasi favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Letaknya yang tak jauh dari Jakarta membuat banyak pengendara yang ingin touring ke Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kawasan Puncak juga menawarkan udara sejuk. Hal itu turut membantu meredakan rasa lelah dan menyegarkan pikiran.

Puncak juga menawarkan jalur berkelok-kelok dengan jalan naik-turun. Ini memberikan pengalaman berkendara menarik.

2. Sawarna

Air Terjun Laut di SawarnaAir Terjun Laut di Sawarna Foto: Grandyos Zafna


Fariz Sudrajat, dari komunitas Nmax Rider, menyarankan Sawarna sebagai destinasi menarik untuk touring. Terletak di Provinsi Banten, lokasi pantai ini menjadi destinasi banyak rider untuk kegiatan touring.

Jaraknya dari Jakarta hampir 200 km. Kawasan pantai itu juga menyajikan pemandangan menarik ala pantai selatan Pulau Jawa.

Akses jalan menuju Sawarna pun menarik untuk dilalui. Ke Sawarna, Anda akan disuguhkan jalur berkelok-kelok, naik-turun yang membuat pengalaman perjalanan semakin menarik.

3. Bandung

Di Bandung juga banyak wisata menariknya, terutama di Kabupaten Bandung. Misalnya di Bandung Selatan. Di sana banyak wisata menarik. Suasananya yang hijau, sejuk dan banyak pohon pinus membuat kawasan wisata di Bandung Selatan turut menjadi destinasi favorit.

Di sana ada wisata Situ Patenggang, sebuah danau yang menawarkan udara sejuk dan nyaman. Berwisata ke sana cukup menyegarkan pikiran.

Situ PatenggangSitu Patenggang Foto: (Wisma Putra/detikTravel)


Rute menuju kawasan wisata itu mudah dijangkau. Dari kota Bandung, Otolovers bisa langsung menuju ke arah Ciwidey. Di sekitar situ juga ada banyak wisata lain, seperti Kawah Putih hingga Ranca Upas.

Selain di kawasan itu, di Bandung juga masih ada wisata lain. Di Lembang, misalnya, banyak destinasi menarik di kawasan itu. Di sana banyak wisata alam yang bisa menjadi objek refreshing buat Otolovers.

Jalur yang disuguhkan juga menarik untuk touring. Jalur berkelok-kelok dan naik turun turut menantang Otolovers yang ingin touring ke lokasi-lokasi itu.

4. Ujung Genteng

Ujung GentengUjung Genteng Foto: Adelia Ayu Sucitra/d'Traveler


Mau pilih wisata pantai? Ujung Genteng di Kabupaten Sukabumi bisa menjadi pilihan selanjutnya. Pantai ini juga cukup cantik.

Berjarak sekitar 200 km dari Jakarta, pantai ini juga menjadi destinasi menarik untuk touring. Lelah akan terbayar sesampainya di pantai itu.

5. Pelabuhan Ratu

Pelabuhan RatuPelabuhan Ratu Foto: Lokasi Kejadian Korban Tergulung Ombak (dokumen FKSD)

Destinasi menarik selanjutnya adalah kawasan Pelabuhan Ratu. Banyak bikers juga yang menjadikan kawasan ini sebagai tujuan touring.

Jaraknya yang tak sampai 200 km dari Jakarta membuat bikers memilih kawasan ini sebagai lokasi tujuan touring. Menuju Pelabuhan Ratu pun akan disuguhkan perjalanan menarik dengan jalur yang tak terlupakan.

6. Pangandaran

Green Canyon di PangandaranGreen Canyon di Pangandaran Foto: Johanes Randy


Cari destinasi wisata yang sedikit lebih jauh? Coba ke Pangandaran. Pangandaran adalah salah satu wisata favorit di pesisir selatan Jawa Barat.

Jaraknya memang cukup jauh dari Jakarta. Perjalanan menuju Pangandaran dari Jakarta harus menempuh jarak lebih dari 300 km.

Dari Jakarta, untuk menuju Pangandaran membutuhkan waktu sekitar 12 jam tergantung situasi dan kondisi. Tapi, rasa lelah Otolovers akan terbayar sesampainya di lokasi tujuan.

Selain wisata pantai, Otolovers juga bisa berwisata ke Green Canyon. Green Canyon merupakan destinasi wisata yang dekat dengan Pantai Pangandaran dengan jarak kurang lebih 30 km.

7. Guci, Tegal

Pemandian air panas di Guci TegalPemandian air panas di Guci Tegal Foto: (Idri5/d'Traveler)


Destinasi yang juga menarik untuk tujuan touring adalah Guci, Tegal. Salah satu yang menarik di sana adalah wisata pemandian air panas Guci yang ada di Kabupaten, Tegal, Jawa Tengah.

Guci berada di kaki Gunung Slamet. Ketinggiannya kira-kira 1.500 meter di atas permukaan laut. Udaranya juga sejuk.

Di sana, terdapat pemandian air panas terbuka dan tertutup. Banyak juga penginapan yang ditawarkan di sekitar Guci. Tak hanya wisata pemandian air panas, di sana juga terdapat agrowisata.

Untuk menuju Guci, Tegal, jarak yang harus ditempuh sekitar 350 km.


Utamakan Keselamatan

Itulah beberapa tujuan touring favorit para bikers. Mungkin bisa menjadi referensi Otolovers untuk menghabiskan liburan akhir tahun.

Tapi, ke mana pun tujuannya, yang terpenting adalah tetap utamakan safety riding dan hati-hati di jalan. Jangan memaksakan diri kalau sudah terlalu lelah karena bisa berisiko.

Libur Panjang Mau Touring? 7 Destinasi Tak Jauh dari Jakarta Ini Oke JugaFoto: Piaggio Indonesia


Gunakan selalu safety gear secara lengkap mulai dari helm, jaket, sarung tangan, hingga sepatu. Kalau perlu, tambahkan juga body protector untuk melindungi tubuh.

Selamat berlibur! (rgr/ddn)