Meski Lebih Murah dari Toyota Avanza Dkk, Agya Cs Harus Minum Pertamax!

ADVERTISEMENT

Meski Lebih Murah dari Toyota Avanza Dkk, Agya Cs Harus Minum Pertamax!

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 11 Jan 2023 10:09 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
LCGC dianjurkan menenggak BBM RON 92. (Foto: Hasan Al Habshy/detikOto)
Jakarta -

Mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) memiliki banderol lebih terjangkau ketimbang segmen lainnya. Harga mobil LCGC ini dibanderol mulai Rp 112 jutaan sampai paling mahal Rp 188 juta. Kalau membandingkan dengan segmen Low MPV, termurah di kisaran Rp 200 jutaan.

Harga boleh lebih rendah, tapi urusan bahan bakar tidak bisa disepelekan. Mobil di segmen LCGC direkomendasikan menggunakan BBM dengan kadar oktan 92 atau lebih tinggi. Dilihat detikOto dalam buku panduan manual Toyota Agya, mobil LCGC berkapasitas lima penumpang itu disarankan menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan angka oktan 92 atau lebih tinggi.

Senada dengan Agya, Calya pun direkomendasi untuk menggunakan BBM dengan oktan minimal 92. LCGC memang dianjurkan menggunakan BBM minimal RON 92 sekelas Pertamax, Shell Super, Revvo 92, dan BP 92.

Anjuran LCGC menggunakan BBM minimal RON 92 juga tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi tinggi nomor 29/IUBIT/PER/9/2014.

Tercantum dalam BAB IIIA Perilhal Penandaan, butir 4 aturan bahan bakar LCGC disebutkan bahwa

Informasi penggunaan bahan bakar sebagaimana dimaksud pada angka 2 huruf a sebagai berikut:

- Untuk kendaraan bermotor dengan motor bakar cetus api berbunyi 'gunakan bahan bakar minimal Octane Number 92, dan
- Untuk kendaraan bermotor dengan motor bakar nyala kompresi berbunyi 'gunakan bahan bakar minimal Cetane Number (CN) 51.

Selain itu pada Peraturan Menteri Perindustrian No.36 tahun 2021 juga disebutkan bahwa mobil LCGC dianjurkan menggunakan BBM paling rendah beroktan 92.

"Menggunakan penandaan informasi penggunaan bahan bakar dengan tingkat paling rendah octane number 92 untuk bensin atau cetane number 51 untuk diesel yang dicantumkan pada penutup tangki bahan bakar bagian dalam dan pojok bawah kaca belakang," bunyi pasal 4 butir 6 Permenperin no.36 tahun 2021.

Beda dengan LCGC, mobil Low MPV justru lebih cocok menggunakan BBM minimal RON 90. Sebut saja Avanza, Veloz, Xpander, hingga Stargazer dalam buku panduan manual dijelaskan masih aman menenggak BBM minimal Pertalite. Rekomendasi BBM itu sudah menyesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil, sehingga aman.



Simak Video "Tak Lagi Bebas PPnBM, Harga LCGC Makin Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT