Wanita di Bekasi Tewas Tertabrak Mobilnya Sendiri, Ini Pelajaran Pentingnya

ADVERTISEMENT

Wanita di Bekasi Tewas Tertabrak Mobilnya Sendiri, Ini Pelajaran Pentingnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 14 Des 2022 07:03 WIB
ilustrasi kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan (Foto: Dok.Detikcom)
Jakarta -

Seorang perempuan di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tewas setelah terjadi kecelakaan. Ia tewas tertabrak mobilnya sendiri yang digunakan tetangganya.

Peristiwa itu terjadi di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (12/12/2022) pukul 11.30 WIB. Awalnya, korban inisial S (53) meminta tolong tetangganya, RA, untuk memindahkan mobil miliknya karena menghalangi pembongkaran tenda hajatan.

RA lalu memindahkan mobil milik S. Diduga tak bisa mengemudikan mobil matik, RA salah menginjak pedal dengan posisi persneling mundur.

"Mobil yang dikemudikan RA bergerak mundur bermaksud akan memindahkan posisi kendaraan karena menghalangi pembongkaran tenda, namun saat itu ban belakang kendaraan terperosok ke parit atau selokan," ujar Kasat Lantas Polres Bekasi Kompol Arga Dija Putra dalam keterangannya, Selasa (13/12/2022).

Diduga panik, RA buru-buru memindahkan persneling agar mobil bergerak maju. Namun, RA diduga menginjak pedal gas terlalu dalam sehingga mobil melaju cepat ke arah depan.

"(Mobil) lepas kendali sehingga menabrak pejalan (korban) yang saat itu ada di depannya, yaitu S, sehingga terjadi kecelakaan sehingga pejalan tersebut meninggal di TKP," imbuh Arga.

Dari kecelakaan nahas ini ada pelajaran penting yang bisa diambil. Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan posisi terbaik seseorang berdiri di sekitar kendaraan yang menyala adalah menghindari arah maju dan mundur kendaraan tersebut.

"Gagal mengemudi hal sepele yang jarang diantisipasi orang karena dianggap stop n go, low speed. Padahal potensi bahayanya tinggi dari salah injak pedal gas," ujar Sony kepada detikcom, Selasa (13/12/2022).

Jadi, lanjut Sony, sebaiknya hindari berada di depan atau belakang kendaraan sekalipun stop n go. Pengemudi pun harus paham jika ada orang di depan atau belakang mobil sebaiknya langsung mengingatkan untuk pindah posisi.

"Untuk pengemudi hendaknya tidak asal bisa nyetir, apalagi bukan milik sendiri yang belum tentu dikuasai secara menyeluruh. Bukan tidak mau menolong, tapi pikirkan risiko terburuknya, bisa merusak unit atau buruk-buruk menimbulkan korban jiwa," pungkas Sony.



Simak Video "Dan Terjadi Lagi, Remaja Bogor Tewas Usai Nekat Adang Truk Demi Konten"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT