Cek! Ini Tanda-tanda Wiper Mobil Harus Diganti

ADVERTISEMENT

Cek! Ini Tanda-tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 20 Nov 2022 09:11 WIB
Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket (AA) baru-baru ini meluncurkan wiper flat-blade terbarunya, yakni Bosch Clear Advantage, yang memberikan performa unggul untuk mobil-mobil Asia bahkan di kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Diperkuat teknologi flat-blade dari Bosch,  wiper Bosch Clear Advantage ini menggabungkan pegas baja tunggal dan formulasi karet eksklusif yang menghadirkan distribusi tekanan yang merata ke seluruh bilah wiper dan kaca depan mobil.
Wiper merupakan komponen yang vital di kala musim hujan seperti saat ini (dok: Bosch)
Jakarta -

Saat musim hujan seperti sekarang, wiper atau penyeka jendela mobil adalah komponen yang vital. Hal ini untuk menjaga visibilitas pada jalan atau objek di sekitar kendaraan.

Wiper termasuk dalam komponen fast moving atau yang punya masa pakai singkat. Sehingga penting untuk langsung menggantinya ketika sudah habis masa pakai, agar tetap optimal penggunaannya.

Dilansir dari Hyundai Mobil Indonesia, ada beberapa indikator yang muncul sebagai tanda wiper mobil harus diganti.

1. Karet Retak

Secara natural, komponen dari bahan karet tentu memiliki masa pakai terbatas. Pun bagi karet di wiper. Sehingga penting untuk langsung mengganti komponen karet ini, ketika sudah terlihat retak atau getas agar performa wiper dapat lebih optimal.

2. Menyeka Tidak Bersih

Wiper bertugas untuk membersihkan kaca dari air atau kotoran yang menempel. Jika pada praktiknya proses penyekaan ini tampak tidak bersih, maka hal tersebut menandakan wiper sudah harus dicek dan diganti komponennya jika diperlukan.

3. Muncul Bunyi Tak Normal

Pada umumnya, saat wiper bekerja membersihkan kaca mobil akan ada suara khas motor bekerja atau suara dari karet yang menyeka kaca. Namun jika ada suara tak normal seperti suara gesekan, menurut Hyundai bisa jadi karet sudah tidak melakukan kontak secara optimal.

4. Cek Waktu Penggantian Part

Menurut Hyundai, usia wiper dapat bertahan hingga 6 bulan. Bahkan beberapa jenis wiper ada yang memiliki usia pakai hingga 12 bulan. Penting untuk mengecek kapan terakhir penggantian komponen dilakukan dan segera ganti jika sudah waktunya.



Simak Video "Cara Mudah Mengangkat Wiper Mobil Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT