ADVERTISEMENT

Banyak yang Gagal Paham, Tuas di Kaca Spion Tengah Ini buat Apa Sih?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 02 Agu 2022 18:24 WIB
Fungsi Penting Tuas di Kaca Spion Tengah
Foto: Fungsi Penting Tuas di Kaca Spion Tengah (dok. Toyota)
Jakarta -

Tuas yang berada di kaca spion tengah di mobil ini bukan pajangan. Banyak yang salah kaprah mengartikan tuas di kaca spion ini, ada yang bilang untuk mengatur posisi spion agar pas di pandangan. Namun, fungsinya lebih penting dari itu.

Di beberapa mobil terkini sudah ada tuas di spion tengah seperti gambar di atas. Fungsinya sangat penting dalam membantu visibilitas pengemudi mobil.

Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, tuas di kaca spion tengah itu berguna untuk berkendara di malam hari. Tuas itu disebut sebagai anti-glare atau night mode.

"Itu setting berkendara siang dan malam. Biasanya kalau malam kan silau kena cahaya lampu (mobil dari belakang). Jadi tuas itu dinaikkan untuk mengurangi silau lampu dari kendaraan yang di belakangnya," kata Didi kepada detikcom, Selasa (2/8/2022).

Menurut Didi, hampir di semua mobil saat ini sudah punya fitur tersebut. Bahkan, mobil-mobil premium sudah punya fitur night mode/anti-glare otomatis.

"Untuk mobil premium sudah otomatis, dengan menekan tombol on/off-nya tanpa dipindahkan manual," sebut Didi.

Cara kerjanya cukup mudah. Pada malam hari jika kamu merasa silau dengan sorotan lampu dari kendaraan di belakang, tinggal tarik tuas tersebut. Posisi spion tidak akan berubah, visibilitas ke belakang tetap kelihatan.

"Dan intensitas cahaya lampu dari kendaraan di belakang menjadi berkurang/tidak menyilaukan," ucap Didi.

Efeknya, cahaya dari lampu kendaraan di belakang yang ditangkap mata pengemudi tidak mengganggu visibilitas dalam berkendara. Sebab, jika mata pengemudi silau karena pantulan cahaya dari lampu kendaraan di belakang justru membahayakan. Apalagi jika kendaraan di belakang mengaktifkan lampu jauh atau high beam yang kerap mengganggu visibilitas pengendara.

Menurut Didi, fitur ini lebih cocok untuk digunakan pada malam hari. Kalau tuas itu diaktifkan siang hari, maka visibilitas ke belakang berpotensi menjadi kurang terang.



Simak Video "Tuas Kecil atau Tombol di Kaca Spion Tengah Mobil Fungsinya Apa, Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT