Mengenal Transmisi D-CVT pada Daihatsu dan Cara Mudah Merawatnya

ADVERTISEMENT

Mengenal Transmisi D-CVT pada Daihatsu dan Cara Mudah Merawatnya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 22 Jul 2022 14:12 WIB
Transmisi D-CVT
Transmisi D-CVT (Foto: Daihatsu)
Jakarta -

Mobil terbaru Daihatsu pada model Rocky, Xenia, dan Sirion menggunakan transmisi D-CVT. Apa perbedaannya dengan transmisi CVT biasanya tanpa embel-embel D?

Saat ini ada beberapa jenis transmisi, yakni manual, automatic, dan CVT. Daihatsu mengembangkan transmisi baru yang disebut New D-CVT. Transmisi ini sudah diaplikasikan pada model Rocky, Xenia, dan Sirion.

Dalam siaran persnya, Daihatsu menjelaskan tipe transmisi D-CVT punya keunggulan lebih halus ketika berpindah gigi, serta diklaim memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik.

Secara umum, transmisi D-CVT punya mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lainnya. Tapi yang menjadi pembeda ialah pada D-CVT dikombinasikan dengan split gear, di mana saat kecepatan tinggi tenaga berpindah dari belt ke split gear sehingga diklaim bisa mendapat akselerasi dan efisiensi BBM yang maksimal.

Cara menggunakan transmisi D-CVT juga sama dengan model CVT. tuas transmisi pada posisi D (drive) pada saat berkendara, R (reverse) pada saat mundur, dan pada transmisi ini dibekali dengan posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan driver dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual, bahkan di model New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake ketika turunan.

Soal perawatan, Daihatsu membagikan tips mudah untuk merawat transmisi D-CVT yakni mengecek volume dan kualitas oli secara berkala.

Pertama pengecekan dilakukan setiap 20.000 kilometer atau 12 bulan, dan penggantian oli transmisi dilakukan setiap 80.000 atau 48 bulan mana yang tercapai lebih dulu. Mudah bukan?



Simak Video "Januari-Agustus 2022, Model Daihatsu Mana yang Paling Diincar?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT