ADVERTISEMENT

Berapa Jauh Mobil Bisa Berjalan dengan Posisi Bensin di 'E'?

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 18 Jul 2022 07:38 WIB
Indikator BBM pada mobil
Indikator bensin di 'E' seberapa jauh mobil bisa berjalan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Jay_Zynism
Jakarta -

Salah satu hal yang cukup ditakuti pengendara mungkin kehabisan bensin di tengah jalan. Terlebih bila di sekitar tidak ada tempat pengisian bahan bakar dan posisi indikator tangki di layar MID sudah di 'E'. Huruf 'E' di layar MID itu berarti Emergency.

Alasan huruf E bukan berarti Empty tapi lebih mengacu kepada Emergency atau darurat karena ketika jarum menunjukkan huruf E bahan bakar tidak benar-benar kosong. Ini dilakukan pabrikan supaya pengendara tidak benar-benar kehabisan bensin di tengah jalan, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh.

Ketika posisi indikator tangki berada di 'E' ini artinya masih ada 10-15% bensin tersisa di dalamnya. Kalau mobilnya lebih canggih lagi, mungkin lebih beruntung karena memberikan estimasi jarak mobil bisa melaju.

Mengutip Wilsons, ketika lampu 'E' di indikator bensin menyala, rata-rata mobil masih bisa berjalan sekitar 20-80 km. Meski begitu, kamu tidak disarankan untuk sering menjalankan mobil dengan posisi bensin di 'E'. Pastikan sebelum mobil digunakan, bensinnya masih cukup untuk sampai ke tempat tujuan. Atau setidaknya bisa mencukupi ke tempat pengisian bensin berikutnya.

Perlu kamu ketahui, keseringan berkendara dengan posisi bensin 'E' bisa membahayakan katalik konverter mobil. Kalau sudah rusak, ujung-ujungnya kamu harus membetulkan dengan biaya yang tidak sedikit.

Di sisi lain, mengendarai mobil dengan bensin yang hampir habis juga bisa berisiko merusak pompa bensin itu sendiri. Apalagi ketika kotoran atau endapan di dalam tangki ikut tersedot dan tersalurkan ke mesin. Lama-kelamaan, ini akan mengganggu kinerja dari pompa bensin dan sistem injeksi mobil. Tanda-tandanya adalah mobil mogok.

Kamu juga bakal dihantui rasa was-was lantaran mobil mati di jalan karena kehabisan bensin. Kamu perlu mengingat bahwa kondisi jalan tidak bisa diprediksi. Mungkin jalanan yang biasanya lancar tiba-tiba macet karena ada kecelakaan atau hal tak terduga lain. Untuk itu disarankan mengisi BBM sebelum melakukan perjalanan.



Simak Video "Mobil Diesel Diisi Bensin, Apa yang Terjadi?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT