ADVERTISEMENT

Pemotor Diimbau Tak Pakai Sandal Jepit, Kalau Pengemudi Mobil Gimana?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 02 Jul 2022 15:47 WIB
Ilustrasi nyetir mobil
Ilustrasi menyetir mobil pakai sandal. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Beberapa waktu lalu muncul imbauan dari polisi kepada pengendara sepeda motor agar tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara. Alasan dilarang menggunakan sandal jepit saat mengendarai sepeda motor karena terkait faktor keselamatan dan mengurangi risiko terjadinya fatalitas kecelakaan.

Selain tak mengenakan sandal, pemotor juga diimbau untuk menggunakan helm dan jaket. Tapi apakah hal itu berlaku juga untuk pengendara mobil?

Dilansir Auto2000, pada dasarnya pedal gas, rem, dan kopling jika ada, harus ditekan dengan alas kaki yang aman. Alas kaki tersebut harus membungkus telapak dan bila perlu menutupi mata kaki dengan sangat baik.

Jangan sampai alas kaki juga menjadi objek yang malah mengganggu saat berkendara. Misalnya, alas kaki terlalu sempit atau sebaliknya, bisa juga terdapat tali yang tidak terikat dengan benar dan mengganggu.

Sandal jepit bisa saja menyebabkan kaki menjadi kaku saat beraktivitas menekan pedal gas, rem, dan kopling. Bahkan akan menjadi sangat fatal jika sandal terlepas dan mengganjal pedal rem ataupun gas.

Jika terjadi kecelakaan, sandal jepit juga tak mampu memberikan proteksi yang maksimal. Maka akan sangat disayangkan jika kamu memilih mengendarai mobil pakai sandal jepit dibanding sepatu tertutup.

Selain Sandal Jepit, High Heels juga Tidak Dianjurkan

Selain sandal jepit, ada satu alas kaki lain yang tidak dianjurkan dipakai saat mengendarai mobil, yaitu high heels atau sepatu hak tinggi. Khusus untuk para ladies nih, high heels punya risiko tinggi jika digunakan sambil mengendarai mobil.

Mengingat desain sepatu hak tinggi yang menekuk kaki membuat pergerakan kaki pengemudi jadi sulit dan tidak mendapatkan posisi yang alami. Hal tersebut dapat mengurangi feeling saat menginjak pedal.

Belum lagi risiko kaki tergelincir karena hak yang terlalu tinggi dan runcing, selain bisa berpotensi cedera juga membahayakan saat butuh respon yang cepat ketika berkendara.

Sebagai pengingat, hindari juga alas kaki dengan sol yang terlalu tebal dan kaku untuk mengemudi. Hal ini karena dapat menjadi potensi berkurangnya respon dan keleluasaan kaki.



Simak Video "Imbau Pemotor Tak Pakai Sandal Jepit, Kakorlantas: Bahaya Kalau Jatuh"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT