Cek Tarif Tol Bisa di Google Maps, Begini Cara Mengaktifkannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 21 Jun 2022 19:07 WIB
Perkiraan Tarif Tol Jakarta-Surabaya di Aplikasi Google Maps
Perkiraan Tarif Tol Jakarta-Surabaya di Aplikasi Google Maps (Foto: Screenshot Google Maps)
Jakarta -

Kini kamu nggak perlu lagi kebingungan untuk mengecek tarif tol. Di aplikasi Google Maps sudah tersedia perkiraan tarif tol untuk perjalanan kamu. Jadi, nggak perlu khawatir saldo e-toll kurang. Simak cara mengaktifkan fitur tarif tol di Google Maps.

Fitur informasi tarif tol itu sudah tersedia di Google Maps di Indonesia. Fitur ini tersedia di Google Maps untuk Android dan iOS.

Menurut Google, fitur informasi tarif tol di Google Maps ini tersedia di hampir 2.000 jalan tol yang ada di Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Indonesia.

"Untuk membantu mempermudah pilihan antara jalan tol dan jalan biasa, kami meluncurkan harga tol di Google Maps untuk pertama kalinya," tulis Google.

Cara mengaktifkan fitur informasi tarif jalan tol di Google Maps:

  1. Klik Setelan/Setting
  2. Klik Navigasi/Navigation
  3. Scroll ke bawah sampai menemukan "Tarif Tol/Toll Price", aktifkan pengaturan "See toll pass prices" atau "Lihat tarif kartu tol"
  4. Jika sudah aktif, kamu bisa langsung menentukan tujuan dan awal perjalanan.
  5. Pastikan bahwa opsi perjalanan yang dilakukan menggunakan mobil, pastikan juga rute yang dipilih adalah rute jalan tol

Setelah dipilih rute perjalanan, Google Maps akan menampilkan perkiraan waktu tempuh dan jaraknya. Di bagian bawah perkiraan waktu tempuh, akan tertulis estimasi tarif jalan tol dari titik awal keberangkatan sampai tujuan.

Google mengklaim, dalam menampilkan tarif tol ini, Google mengambil datanya berdasarkan data informasi dari otoritas tol. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir informasinya keliru.


"Anda juga masih memiliki opsi untuk menghindari rute yang melintasi jalan tol sepenuhnya, jika memungkinkan, dengan memilih 'Hindari tol' dalam pengaturan," sebut Google.



Simak Video "Google Maps Bakal Rilis Fitur Cek Tarif Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)