Biar Tak Terjadi Salah Paham Seperti di SPBU Bintaro, Lakukan Ini saat Isi BBM

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 17 Jun 2022 20:06 WIB
Viral petugas SPBU cekcok dengan pengendara
Untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya saat isi bensin pengendara mobil tetap berkonsentrasi. Foto: Screenshot instagram kabarbintaro
Jakarta -

Ketika mengisi BBM di SPBU, pengendara sebaiknya dengan teliti memperhatikan petugas bekerja. Hindari untuk melakukan kegiatan lain yang mengurangi konsentrasi sehingga bisa memicu kesalahpahaman. Seperti yang baru terjadi di SPBU Pertamina kawasan Bintaro.

Dalam video yang beredar luas di sosial media, terlihat pengendara mobil cekcok dengan petugas SPBU. Unggahan itu disertai dengan narasi bahwa petugas SPBU salah mengisi BBM. Disebutnya, pengendara meminta isi BBM jenis A, namun oleh petugas diisi oleh BBM jenis B.

Faktanya, kejadian yang sebenarnya bukan seperti itu. Percekcokan itu disebabkan oleh kesalahpahaman ketika mengisi BBM. Petugas SPBU mengisi BBM sesuai dengan permintaan pengendara. BBM yang diisi adalah Pertamax. Namun ketika mengecek di struk, BBM yang diisi tertulis Pertamax Turbo.

Untuk itu, Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengimbau agar masyarakat bisa lebih waspada lagi ketika mengisi BBM. Kalaupun memungkinkan turun dari mobil. Pastikan BBM yang diisi sesuai dengan permintaan kamu. Kemudian cek lagi tulisan yang tertera di struk bahwa BBM-nya sesuai permintaan.

Tapi pengendara juga tetap bisa berada di dalam mobil, sembari memperhatikan selang nozzle yang dimasukan ke tangki adalah benar BBM yang diinginkan.

"Pesan kami agar pada saat mengisi BBM di SPBU, konsumen tetap konsentrasi pada proses pengisian dan tidak melakukan aktivitas lain yang menyita perhatian sampai selesai prosesnya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman," ungkap Eko saat dihubungi detikcom, Jumat (7/6/2022).

Adapun atas kejadian tersebut pengendara mobil dan petugas SPBU telah berdamai. Tak lupa Pertamina memohon maaf atas insiden tersebut.

"Betul (turun dari mobil), tapi kalau tetap stay dalam kendaraan bisa juga dengan catatan tetap konsentrasi," jelas Eko.



Simak Video "Hati-hati! Menggoyangkan Mobil Saat Isi BBM Ternyata Berdampak Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)