Bensin Mahal Banget? Ini 7 Cara Ampuh Menghemat BBM Mobil

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 14 Jun 2022 08:12 WIB
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T
Lakukan hal ini supaya mobil kamu lebih irit BBM (Foto: Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Harga bahan bakar minyak atau BBM terus merangkak naik. Hal ini membuat pengendara mobil harus pintar-pintar menghemat bensin kendaraan, meski setiap hari digunakan untuk beragam aktivitas.

Naiknya harga BBM membuat pengeluaran untuk biaya perjalanan jadi membengkak. Alhasil, para pengendara harus putar otak bagaimana caranya mobil tetap meminum BBM, namun biaya yang dikeluarkan tetap hemat.

Tidak perlu khawatir, ada sejumlah tips dalam menghemat bahan bakar bagi pengendara mobil. Dilansir dari laman Auto2000, berikut 7 langkah mudah dalam menghemat BBM.

1. Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin mobil sangat penting karena dapat membuat putaran mesin menjadi stabil. Putaran mesin yang tidak stabil (fluktuatif) akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang cukup besar. Setidaknya putaran mesin kendaraan harus berada di 3000 RPM.

2. Tambah Kecepatan Secara Bertahap

Menginjak pedal gas yang mendalam secara tiba-tiba akan membuat konsumsi BBM menjadi sangat besar. Ingin konsumsi BBM efisien? Kamu bisa menaikkan laju kendaraan dengan menginjak pedal gas perlahan hingga mencapai kecepatan yang diinginkan.

Isi BBM di SPBUMemanaskan mobil sebelum melakukan perjalanan bisa membantu mengirit BBM Foto: dok. Pertamina

3. Pertahankan Laju Kendaraan

Mempertahankan kecepatan maksudnya adalah membuat laju kendaraan kamu dalam kondisi stabil dan konsisten. Mengemudi dalam kecepatan yang sangat tinggi kemudian mendadak menginjak pedal rem akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak dari biasanya.

Oleh karena itu perhatikan kecepatan kendaraan. Perhitungkan juga jarak mobil yang satu dengan yang lain agar kamu nggak perlu rem mendadak. Hal ini akan membuat BBM lebih efisien dan menjaga keselamatan selama berkendara di jalan.

4. Gunakan AC pada Suhu yang Wajar

Berkendara saat matahari berada tepat di atas kepala memang mengakibatkan suhu meningkat di dalam mobil. Dalam hal ini banyak pengendara pasti akan langsung mengatur suhu ke tingkat maksimal dan menyalakan semua AC yang ada.

Tindakan seperti ini memang akan membuat suhu dalam mobil menurun dan lebih dingin, akan tetapi konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih banyak. Atur suhu AC mobil sesuai kebutuhan supaya konsumsi BBM lebih irit.

5. Matikan Mesin Ketika Berhenti dalam Waktu Lama

Mesin yang menyala tentu membutuhkan bahan bakar. Meskipun kendaraan dibiarkan diam dan tidak melaju, BBM akan terus digunakan supaya mesin bisa menyala. Ada baiknya kamu mematikan mesin jika tidak berjalan selama 20 menit sampai 30 menit.

6. Kurangi Penggunaan Mobil untuk Jarak Dekat

Cara selanjutnya untuk menghemat bensin adalah dengan tidak menggunakan kendaraan. Namun, hal ini khusus dilakukan saat kamu hanya bepergian ke tempat yang memiliki jarak dekat dan mudah dijangkau.

Menggunakan kendaraan untuk jarak yang dekat dapat membuat konsumsi bensin tidak efektif karena catalytic converter belum beroperasi sebagaimana mestinya. Catalytic converter baru dapat beroperasi sempurna saat melakukan perjalanan lebih dari 5 km.

7. Gunakan Gigi yang Tepat

Persneling yang ada di mobil harus digunakan sesuai laju kecepatan supaya mesin kendaraan bisa bekerja sesuai fungsinya. Namun tidak hanya karena mesin, penggunaan gigi yang tepat juga akan membuat konsumsi BBM menjadi efisien. Contohnya penggunaan gigi empat atau lima pada saat menanjak akan mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang boros.



Simak Video "4 Hal yang Sering Jadi Biang Keladi Arus Listrik Mobil Tak Stabil!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)