Viral Innova Mogok di Tanjakan, Ini Trik Biar Nggak Gagal Nanjak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 01 Jun 2022 10:18 WIB
Tanjakan Cino Mati, Bantul, Minggu (2/6/2019).
Foto: Tips nyetir biar nggak gagal nanjak (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Jakarta -

Di media sosial viral sebuah mobil Innova gagal menanjak di Dataran Tinggi Dieng. Mobil Innova 2.0 itu tampak berhenti di tengah-tengah tanjakan. Bahkan, Daihatsu Xenia yang punya mesin lebih kecil tampak menyalip Innova tersebut.

Video itu diunggah akun TikTok seorang Travel Influencer @deddy.traveler. Deddy mengatakan, tanjakan itu memang cukup ekstrem. Bahkan dia menyebut itu adalah tanjakan paling ekstrem di Dieng.

Deddy bercerita bahwa saat kejadian itu dirinya sedang menuju Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa. Ada dua mobil yang digunakan, satu Toyota Innova, satu lagi Daihatsu Xenia. Innova tampak gagal menanjak sementara Xenia dengan mengambil momentum dari bawah mampu melewati tanjakan ekstrem tersebut.

Diperkirakan Innova tidak kuat menanjak karena muatan yang dibawanya. Saat itu, menurut Deddy, Innova diisi lima orang di bangku baris pertama dan kedua. Sementara bangku baris ketiga dilipat untuk membawa barang-barang.

"Bahkan pada awalnya sebagian barang dari mobil abu-abu (Xenia) dipindahkan ke mobil Innova dengan pertimbangan mobil abu-abu umurnya lebih tua, cc lebih kecil dan tidak fit," ujar Deddy.

Namun, saat di tengah tanjakan mesin Innova tiba-tiba kehilangan tenaga alias ngempos. Sopirnya langsung menarik rem tangan agar mobil tidak meluncur mundur.

"Dan setelah dirasakan aman, driver ingin melanjutkan perjalanan lagi, ternyata rem belakang Innova mengunci sehingga pada saat ingin dijalankan, rem belakang dari roda mengeluarkan asap. Dan akhirnya semua penumpang turun, termasuk semua penumpang dari mobil kedua yang ikut membantu, mengingat medan yang berbahaya dengan jurang yang sangat dalam," jelasnya.

Akhirya, Innova tersebut harus turun perlahan terlebih dahulu untuk mengambil momentum. Mobil itu pun bisa terus menanjak. Sementara mobil Daihatsu Xenia dengan penumpang kosong yang sebelumnya menunggu di bawah berhasil menanjak menyalip Innova.

@deddy.traveler Detik - detik Mogok di Tanjakan Terekstrim Dataran Tinggi Dieng menuju Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa #desasembungan #dieng #exploredieng #explorewonosobo ♬ suara asli - travelbydeddy_

Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, melihat memang tanjakan tersebut cukup curam. Ditambah muatan yang dibawa Innova banyak.

"Sehingga seharusnya pengemudi paham melakukan operasional jangan sampai terjadi stuck di tengah tanjakan," ujar Sony kepada detikcom.

Menurut Sony, kesalahan yang sering dilakukan pengemudi hingga gagal menanjak adalah tidak menggunakan gigi rendah. Sony menyarankan saat di tanjakan curam sebaiknya menggunakan gigi satu, bukan dua.

Kesalahan lainnya adalah dengan memainkan kopling saat menanjak. Menurutnya, memainkan kopling justru membuat mobil bisa jadi gagal menanjak.

"Kalau kondisi tanjakannya panjang, kopling diselip bikin kopling cepat panas dan akhirnya selip, fungsi dari transmisi tidak maksimal dan berujung stuck," ujarnya.

Lalu bagaimana caranya biar nggak gagal nanjak? Sony menegaskan, yang harus dipersiapkan sopir adalah saat masih berada di bawah sebelum mulai menanjak. Sopir harus mencari momentum untuk menanjak.

"Dari awalan, posisi di bawah, kondisi jalan rata, dia sudah mempersiapkan teknik-teknik bagaimana supaya menanjak dengan sukses. Misalnya, gigi rendah, kemudian diawali dengan RPM yang relatif cukup tinggi supaya ada momentum, kemudian dijaga supaya RPM tidak turun di bawah 2.000," sebut Sony.



Simak Video "AC Mobil Mengeluarkan Suara Berisik? Ini Sebabnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)