Tol JORR Arah Serpong Macet Tergenang Air, Ini Risikonya Mobil Terobos Banjir

Tim detikOto - detikOto
Sabtu, 28 Mei 2022 10:00 WIB
banjir di tol pandaan-malang
Ilustrasi jalanan tergenang air Foto: Tangkapan layar
Jakarta -

PT Jasamarga mengingatkan kepada pengendara yang akan menggunakan jalan tol JORR Pamulang menuju Serpong untuk lebih berhati-hati saat melintas, diakibatkan terdapatnya genangan air di lokasi yang mengakibatkan kemacetan pada ruas tol W2S Pamulang KM 07+600 - KM 09 dan disarankan untuk memilih jalur alternatif lain.

"08.36 WIB #Tol_JORR_W2S Pamulang KM 07+600 - KM 09 arah Serpong PADAT, ada penanganan genangan air. GUNAKAN JALUR ALTERNATIF," tulis Jasa Marga di Twitter resmi @PTJASAMARGA, Sabtu (28/5/2022) pagi.



Kali ini detikOto kembali mengingatkan kepada detikers untuk lebih hati-hati saat melintasi genangan air, karena jika detikers nekat untuk tetap melintas bisa membuat kendaraan detikers mengalami Water Hammer. Sehingga detikOto menyarankan agar pemilik kendaraan jangan asal terobos banjir, atau memilimih rute lainnya.

Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, ada risiko besar saat mobil menerobos banjir, yaitu gejala water hammer. Jika mobil mengalami gejala ini akibat menerobos banjir, biaya perbaikannya tentu tidak murah.

Water hammer adalah kondisi ketika air masuk ke ruang bakar dan membuat mesin jebol. Soalnya, air tidak bisa terkompresi oleh mesin sehingga setang piston bisa bengkok bahkan menyebabkan silinder pecah.

"Karena air kan nggak bisa dikompresi. Pada saat piston naik dan dipaksa, sehingga bengkok setang piston/conrod-nya. Awalnya bengkok dulu. Lama-kelamaan (setang piston) jadi patah," kata Didi kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ketika air banjir masuk ruang bakar, mungkin gejala water hammer tidak langsung terjadi. Ada kondisi mobil mengalami water hammer beberapa waktu setelah menerobos banjir. Gejala awalnya adalah mesin terasa kasar.

Tol JORR arah Serpong tergenang air, Sabtu (28/5/2022).Tol JORR arah Serpong tergenang air, Sabtu (28/5/2022). Foto: Tol JORR arah Serpong tergenang air, Sabtu (28/5/2022). (Foto: Tangkapan layar video viral)

"Awalnya mesin kasar. Banyak kejadian dia banjirnya kapan, tiba-tiba jebolnya sekarang, bisa kejadian. Awalnya mesinnya kasar, karena dipaksa lama-lama mesinnya jebol," ujar Didi.

Jika mesin dipaksa saat ada air masuk ke ruang bakar yang tidak bisa dikompresi, risiko terburuknya adalah mesin jebol hingga blok silinder pecah. Penyebabnya, karena setang piston bengkok, patahan setang piston itu menonjok dinding silinder sehingga silinder mesin pecah.

Kalau sudah seperti itu, perbaikannya tentunya tak murah. Mobil harus turun mesin dan perlu diganti mesin baru jika ingin tetap dipakai. Selain mahal, perbaikannya pun membutuhkan waktu lama.

Tetap berhari-hati saat berkendara ya detikers.



Simak Video " Intip Command Center Jalan Tol Pertama di RI Milik Jasa Marga"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)