Mudik Bawa Bayi atau Anak Kecil? Jangan Lupa Pakai Car Seat biar Anak Aman!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 26 Apr 2022 12:49 WIB
Jakarta -

Musim mudik telah tiba, tentu banyak hal yang harus disiapkan agar perjalanan bersama keluarga jadi lebih nyaman dan tetap aman. Nah! Bagi detikers yang akan mudik bersama bayi atau anak kecil, jangan lupa untuk pakai car seat. Apa fungsinya?

Dilansir dari Haibunda, dokter spesialis yang memiliki memiliki ketertarikan khusus di bidang ortho pediatric, dr.Bagus Pramantha Putra Wijaya, Sp.OT, mengatakan car seat sangat penting untuk bayi dan anak kecil.

Menurutnya, kecelakaan lalu lintas masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada anak berusia 4 hingga 14 tahun. Penggunaan car seat bagi pengendara yang membawa bayi atau anak kecil bahkan diatur dalam undang-undang lalu lintas di beberapa negara.

"Di Amerika sendiri, itu sangat dilarang dan bahkan ada hukumannya jika kelalaian parents mendudukkan bayi di bagian depan," papar dr. Bagus.

Jika ditilik fungsinya, Suzuki Indonesia merangkum setidaknya ada lima fungsi car seat untuk perjalanan mobil bersama bayi atau anak kecil.

1. Mengurangi Resiko Saat Terjadi Kecelakaan

Menurut Suzuki, bayi dan anak kecil tidak bisa hanya duduk di jok mobil dengan mengandalkan sabuk pengaman. Penggunaan car seat lebih tepat, sebab bentuk dan ukurannya sudah sesuai untuk ukuran tubuh si kecil.

"Tujuannya pada saat terjadi kecelakaan mobil, resiko anak mengalami cedera akan berkurang. Anak yang berada di tempat duduknya bisa duduk dengan presisi dan tidak mudah terpental ketika terjadi guncangan pada kendaraan," tulis Suzuki Indonesia di laman resminya.

2. Menghindari Bayi Terjatuh

Bayi dan anak kecil kerap kali belum bisa aktif bergerak. Namun saat mobil berjalan, kondisi lalu lintas dan permukaan jalan mungkin tidak dapat diprediksi seutuhnya oleh pengendara. Hal ini dapat membuat bayi atau anak kecil terjatuh dari pangkuan atau jok penumpang.

"Setiap car seat bayi didesain agar tetap kokoh serta dilengkapi dengan pengaman khusus anak. Jadi meskipun bayi banyak gerak atau Anda yang sedang mengemudi mengerem mendadak, mereka tidak mudah jatuh apalagi terpental," tulis Suzuki.

3. Memberikan Kenyamanan

Jika mengandalkan jok standar yang dirancang untuk penumpang dewasa, bayi dan anak kecil tentu harus dipangku atau digendong. Hal ini membuat ruang geraknya tidak leluasa dan cenderung kaku.

Menurut Suzuki, penggunaan car seat yang tepat akan membuat bayi dan anak kecil dapat lebih nyaman selama berkendara. Sebab car seat sudah dirancang pas dengan ukuran tubuh si kecil dan terdapat bantalan yang nyaman untuk bersandar.

4. Membuat Bayi dapat Menikmati Perjalanan

Ketika bayi atau anak kecil duduk sendiri di car seat dan tidak dipangku oleh orang tua, maka mereka dapat lebih leluasa untuk bergerak serta melihat pemandangan sepanjang perjalanan. Hal ini akan membuat si kecil dapat 'tontonan' atau pengalaman yang membuatnya lebih menikmati perjalanan.

"Selain nyaman, bayi dan anak bisa menikmati perjalanan karena mereka dapat melihat pemandangan di luar. Hal inilah yang membuat bayi tidak mudah rewel karena mereka akan fokus melihat pemandangan," tulis Suzuki.

5. Membuat Anggota Keluarga Nyaman

Hadirnya car seat tentu membuat anggota keluarga yang menjadi penumpang tak perlu lagi repot menggendong bayi atau anak kecil selama perjalanan. Selain nyaman dan aman untuk bayi, hal ini tentu membuat anggota keluarga bisa lebih menikmati perjalanan.

"Tidak hanya anak saja yang merasa nyaman, para orang tua khususnya ibu juga dapat lebih leluasa bergerak di dalam mobil. Bagaimana tidak, ibu tidak perlu memangku anak dan membuat kaki terasa lelah," papar Suzuki.

(mhg/rgr)