ADVERTISEMENT

Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Bahan Bakar Dexlite dengan Pertamina Dex

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 09 Apr 2022 08:51 WIB
Jakarta -

Saat ini PT Pertamina (Persero) menghadirkan bahan bakar untuk mesin diesel dengan dua pilihan, yaitu Dexlite dan Pertamina Dex. Walau sama-sama untuk kendaraan bermesin diesel, namun keduanya memiliki perbedaan, lho.

Dilansir dari laman pertamina, baik Dexlite dan Pertamina Dex memiliki kandungan oktan cetane number (CN) pada bahan bakar diesel yang berbeda. Untuk Dexlite memiliki oktan sebesar CN 51, sementara itu untuk Pertamina Dex memiliki nilai oktan CN 53.

Sebagai informasi, CN berfungsi untuk menunjukkan seberapa bagus kualitas pembakaran di dalam ruang mesin. Semakin tinggi kadar CN-nya maka semakin baik juga kualitas dan kinerja mesin yang menggunakan bahan bakar tersebut.

Selain nilai oktan, kandungan sulfur juga menentukan seberapa baik kualitas bahan bakar untuk kendaraan diesel. Semakin rendah sulfur, berarti jenis bahan bakar tersebut lebih ramah lingkungan. Hal ini juga membuat mesin dan gas buang kendaraan diesel menjadi lebih bersih.

Lain halnya jika kandungan sulfurnya terlalu tinggi, hal ini dapat mengakibatkan pembakaran di dalam ruang mesin kurang sempurna. Lantas, jika dibiarkan dalam waktu lama dapat merusak mesin sehingga performanya menjadi menurun.

Untuk bahan bakar Dexlite mengandung sulfur maksimal 1.200 part per million (ppm). Sementara itu, Pertamina Dex memiliki sulfur maksimal sebesar 300 part per million (ppm).

Selain itu, Pertamina Dex juga memiliki keunggulan lain jika dibandingkan Dexlite, yakni memakai tambahan zat additive yang diklaim dapat memberikan perlindungan ekstra pada mesin diesel. Lalu, Pertamina Dex juga mengusung standar Euro 3 sehingga menghasilkan emisi yang ramah lingkungan.

Harga BBMDexlite dengan Pertamina Dex

Namun, bukan berarti Dexlite merupakan bahan bakar yang kurang bagus. Pertamina mengklaim memiliki sistem Ecosave Technology pada Dexlite, teknologi ini mampu melindungi mesin dari karat sehingga lebih terlindungi dan tahan lama.

Karena memiliki kandungan sulfur dan nilai oktan yang lebih baik, hal ini juga berpengaruh pada harga per liternya. Saat ini SPBU Pertamina menjual bahan bakar Dexlite dengan harga Rp 12.950 per liter, sementara Pertamina Dex dijual seharga Rp 13.700 per liter.

(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT