Dukung Euro4, Bus dan Truk Scania di Indonesia Pakai Teknologi Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 30 Mar 2022 20:21 WIB
Bus dan truk Scania di Indonesia sudah mengusung Euro4
Foto: Dok. PT United Tractors Tbk (UT). Bus dan truk Scania di Indonesia sudah mengusung Euro4.
Jakarta -

PT United Tractors Tbk (UT) dan Scania di Indonesia, menghadirkan truk dan bus terbaru berteknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) berstandar emisi Euro 4 dan Euro 5, untuk mewujudkan sistem transportasi Indonesia berkelanjutan dan ramah lingkungan melalui pengurangan emisi gas buang.

Corporate Governance & Sustainability Division Head PT United Tractors Tbk, Sara K. Loebis mengatakan United Tractors menghadirkan Scania truk dan bus menggunakan teknologi SCR ini sebagai komitmen perusahaan untuk mendukung penerapan standar emisi Euro4 di Indonesia.

Sebagai informasi, regulasi Euro4 tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN/ KUM.1/3/2017 tentang baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau disebut Standar Emisi Euro 4.

"Menjelang berlakunya aturan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel di Indonesia April 2022 demi mengurangi emisi gas rumah kaca, United Tractors sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia siap memasarkan produk ramah lingkungan. Tentunya dengan penerapan standar Euro 4 yang tidak hanya berdampak positif untuk lingkungan dan kesehatan, melainkan juga bagi seluruh pelaku bisnis transportasi," kata Sara dalam keterangannya (30/3).

Sara menambahkan, memasuki usia United Tractors ke-50 tahun pada tahun 2022 ini, yang mengusung tema 'Berkarya Membangun Keberlanjutan', United Tractors mewujudkan aspirasi keberlanjutan melalui peluncuran alat transportasi yang ramah lingkungan serta terus berinovasi untuk menghadirkan kualitas produk dan layanan terbaik.

Bus dan truk Scania di Indonesia sudah mengusung Euro4Bus dan truk Scania di Indonesia sudah mengusung Euro4 Foto: Dok. PT United Tractors Tbk (UT)

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, sektor transportasi adalah sumber pencemaran yang utama di wilayah perkotaan. Emisi kendaraan bermotor berkontribusi 70% terhadap pencemaran Nitrogen Oksida (NOx), Karbon Monoksida (CO), Sulfur Dioksida (SO2) dan Partikulat (PM) di wilayah perkotaan. Menjawab masalah itu, penerapan Standar Euro 4 akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dan seluruh pelaku bisnis transportasi karena dapat membantu menurunkan pencemaran udara.

Truck, Bus & Crane Marketing Operation Division Head UT, Andreas, menjelaskan Scania sebagai produsen Truck dan Bus, yang punya pengalaman lebih dari 150 tahun, memiliki visi 'Driving the Shift towards a Sustainable Transport System' untuk menciptakan mobilitas lebih baik dalam mendukung bisnis, masyarakat dan lingkungan.

"Dengan mengusung tiga prinsip utama, yaitu Energy Eficiency, Alternative Fuels & Electrification, dan Smart & Safe Transport, bersama United Tractors, Scania terus berkomitmen untuk mewujudkan transportasi berkelanjutan," kata Andreas.

Scania Truck Euro 4 dan Scania Bus Euro 5 memilki lima keunggulan. Pertama, Selective Catalytic Reduction (SCR) technology. Teknologi aftertreatment pengendalian sisa pembakaran yang mampu mengurangi 85%-95% emisi NOx dan PM. Pengunaan SCR diklaim memberikan banyak keuntungan pada kendaraan diantaranya adalah umur engine yang lebih tahan lama, akselerasi engine yang tetap prima, efisien dalam konsumsi bahan bakar, dan meminimalisir risiko kontaminasi oli.

Kedua, Fuel Efficiency. Pengembangan engine dan komponen lainnya seperti kapasitas pendingin, injektor, ruang pembakaran, serta inovasi teknologi pada setiap produk generasi Scania terbaru, berkontribusi terhadap penurunan konsumsi bahan bakar yang berdampak langsung terhadap penurunan emisi CO2.

Ketiga, Comply B30-B100. Scania menawarkan cakupan terluas untuk penggunaan bahan bakar alternatif di industri dengan CO2 reduction sampai dengan 90%. Scania memastikan, semua pilihan yang ditawarkan akan memberikan solusi yang berkelanjutan dengan output maksimal dan dampak lingkungan yang minimal. Untuk di Indonesia, seluruh engine Scania comply dengan penggunaan bahan bakar biodiesel B30-B100 yang ramah lingkungan.

Keempat, Safety. Keselamatan penumpang dan pengemudi adalah prioritas. Seluruh cabin pada generasi terbaru Scania diklaim telah lolos tes kecelakaan standar EURO ECE R29 & Swedish VVFS 2003:29, yang merupakan standar terketat di dunia. Selain itu produk ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang andal berupa Electronic Braking System dan Anti-lock Braking System. Scania juga dilengkapi Fleet Management Services (FMS), sehingga mitra usaha UT dapat mengawasi penggunaan armadanya kapanpun dan dimanapun.

Kelima, Comfort. Desain kabin yang mudah diakses, mudah dioperasikan, dan dilengkapi on-board driver coaching yang membantu driver supaya optimal dalam berkendara. Produk Scania juga dilengkapi dengan Opticruise dan Suspensi udara, sehingga menambah kenyamanan bukan hanya untuk driver namun juga untuk transportasi penumpang dan barang.

Lebih lanjut, Sara menjelaskan bahwa United Tractors tidak hanya memperhatikan kualitas produk yang diageni namun juga menyediakan jaminan produk pada masa purna jual atau yang dikenal dengan istilah United Tractors Guaranteed Product Support (UT GPS). Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam memberikan kemudahan akses informasi kepada mitra usaha, United Tractors juga menyediakan fasilitas UT Command Center, Mobile Apps UTConnect untuk Parts Order Tracking, Equipment Monitoring dan Complaint Handling langsung dari gadget para mitra usaha, serta Scania Maintenance Package (SMP) untuk memastikan perawatan berkala dijalankan oleh mekanik UT yang andal.

"Di tahun 2022 ini, kami akan terus berinovasi dan mengembangkan produk untuk mendukung terwujudnya transportasi berkelanjutan, ramah lingkungan, serta memberikan teknologi dan fasilitas terbaik bagi mitra usaha kami di seluruh Indonesia," tutup Sara.

(lua/din)