ADVERTISEMENT

Banyak Dipakai Mobil Mewah, Intip Kelebihan Pertamax Dibanding Premium dan Pertalite

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 31 Mar 2022 08:47 WIB
Harga Pertamax naik Rp 600 menjadi Rp 9.500 per liter. Naiknya harga Pertamax sudah yang keempat kalinya sejak Januari 2018.
BBM Pertamax yang harganya bakal naik punya beberapa kelebihan dibanding Premium dan Pertalite (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Harga Pertamax dikabarkan bakal naik dalam waktu dekat. Pertamax saat ini dijual Rp 9.000 per liter. Sedangkan bensin dengan Research Octane Number (RON) serupa Pertamax dari operator lain dijual dengan harga di atas Rp 11.000 per liter.

Pertamax memang bukan jenis BBM yang paling populer di tengah masyarakat Indonesia. Dikutip CNBC, Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga menyebut konsumsi BBM Pertamax saat ini mencapai 13% dari keseluruhan konsumsi BBM di Tanah Air. Umumnya, Pertamax digunakan kalangan menengah ke atas dengan mobil mewah.

Memiliki angka oktan 92, Pertamax diklaim menawarkan sejumlah keunggulan ketimbang BBM seperti Premium dan Pertalite. Mengutip laman Pertamina, Pertamax sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kendaraan dengan rasio kompresi 10:1 sampai 11:1 atau kendaraan yang sudah memiliki teknologi setara dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

Mobil yang menggunakan BBM Pertamax maka akan menghasilkan pembakaran lebih sempurna. BBM yang memiliki nilai oktan rendah akan lebih lama dalam proses pembakaran bahan bakar minyak di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang memiliki waktu lama akan menimbulkanknockingpada mesin.

Jika angka oktan pada bahan bakar mesin tinggi, maka proses pembakaran di dalam ruang bakar juga akan lebih baik. Alasannya karena bahan bakar bisa dipadatkan hingga tekanan tertinggi sebelum terkena api dari busi. Pertamax memiliki nilai oktan yang lebih tinggi dari beberapa bahan bakar mesin lainnya.

Selain pembakaran yang sempurna, penggunaan Pertamax juga lebih ramah lingkungan. Hal itu bisa diwujudkan karena pembakaran yang lebih baik dan efisien. Dengan begitu, emisi gas yang dihasilkan jadi lebih bersih dan ramah lingkungan.

Penggunaan Pertamax juga diklaim bisa membuat konsumsi BBM lebih irit. Mengapa demikian? Sifat Pertamax yang lebih sulit dibakar membuat proses pembakaran pada ruang bakar lebih baik.

Perawatan mobil Anda juga disebut akan lebih baik. Pertamax tidak mengandung timbal dan memiliki proses pembakaran sempurna. Maka dari itu klep, head, piston, serta busi minim kadar kerak. Terakhir, BBM yang biasa ditenggak mobil mewah ini menawarkan performa responsif berkat penambahan zat aditif. Penambahan zat aditif tersebut membuat outaran gas pada mobil lebih ringan. Pun demikian dengan beban kerja mesin yang akan lebih ringan.

Simak Video 'Besok Pertamax Bakal Naik, Erick Thohir: Mohon Maaf':

[Gambas:Video 20detik]



(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT