Biar Nggak Kena Pungli, Ini Tarif Derek Tol Resmi Milik Jasa Marga

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 05 Mar 2022 19:17 WIB
Petugas derek PT. Jasa Marga Cabang Jakarta Tangerang melakukan penderekan sebuah mobil yang mogok di ruas Tol Jakarta-Tangerang, Banten, Kamis (6/11/2014). File/DetikFoto.
Ilustrasi derek mobil Foto: Rangga Sencaya
Jakarta -

Beberapa waktu lalu tengah viral di media sosial seorang petugas derek melakukan pungutan liar (pungli) sejumlah uang yang tidak sesuai dengan tarif resmi penderekan. Sebenarnya, berapa tarif derek mobil resmi dari Jasa Marga?

Sebelumnya diberitakan, salah satu pemilik akun Twitter @dikakush mengunggah cerita mengenai pungli oleh petugas derek. Ia awalnya menjelaskan jika mobil yang dikendarai mogok di salah satu ruas Tol Jagorawi.

Setelah menghubungi jasa derek resmi, ia dibuat kaget karena petugas derek tersebut langsung meminta tarif tinggi sebesar Rp 1 juta. Lalu harganya kembali diturunkan menjadi Rp 500 ribu.

"Mobil gw mogok di toll, ada jasa derek resmi langsung nembak 1 juta terus turun ke 500 ribu padahal tarif resmi segitu. Udah gitu masih gontok2an derek harus hitungan per KM. Padahal tarif per KM baru di charge dari titik pintu tol keluar," tulis pemilik akun @dikakush seperti yang dilihat detikcom, Sabtu (5/3/2022).

Lalu, berapa tarif yang dikenakan ketika menggunakan jasa derek resmi di tol?

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan tarif derek untuk kendaraan golongan I yang diantar sesuai dengan tujuannya adalah tarif awal penderekan sebesar Rp 100 ribu dan tarif selanjutnya adalah Rp 8.000 per kilometer.

[Gambas:Instagram]



Sementara itu, untuk kendaraan non-golongan I dikenai tarif awal penderekan sebesar Rp 135 ribu dan tarif selanjutnya adalah Rp 10 ribu per kilometer.

"Perhitungan tarif per kilometer ini dihitung dari sejak akses keluar jalan tol terdekat. Sebagai bentuk transparansi, setiap kendaraan derek telah dilengkapi dengan informasi tarif derek ini, sehingga pengguna jalan juga dapat melakukan cross-check tarif yang berlaku untuk layanan penderekan," kata Heru dalam keterangan resminya dilansir detikNews, Sabtu (5/3/2022).

Layanan derek diberikan secara gratis oleh Jasa Marga kepada pengguna jalan tol yang mengalami gangguan perjalanan atau kecelakaan lalu lintas. Namun perlu diingat, tarif tersebut gratis jika tujuan akhir penderekan adalah gerbang tol terdekat, pool derek, hingga tempat lain dalam radius satu kilometer dari akses jalan tol terdekat.

Jika jarak lebih dari satu kilometer, maka biaya derek per kilometer akan dikenakan setelahnya. Lalu menyesuaikan juga dengan golongan kendaraan yang digunakan.

Bagi kamu yang ingin menggunakan jasa derek resmi Jasa Marga bisa langsung menghubungi Call Center 24 Jam Jasa Marga di 14080. Atau kamu juga bisa download aplikasi Travoy untuk mendapatkan pelayanan derek kendaraan secara online.



Simak Video "Jangan Salah! Ini Cara Menderek Mobil Matic yang Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)