Masih Bingung Pilih Asuransi Mobil TLO atau All Risk? Ini Plus-Minusnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 14:40 WIB
Asuransi Kendaraan
Ketahui perbedaan asuransi TLO dan All Risk. Foto: shutterstock
Jakarta -

Asuransi mobil bisa kamu pilih untuk melindungi kendaraan kesayangan. Saat ini, perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi total loss only (TLO) dan asuransi all risk atau comprehensive. Masih bingung membedakannya? Simak plus-minus asuransi mobil TLO dan all risk.

Dikutip dari siaran persnya, tim riset Lifepal.co.id membeberkan perbedaan asuransi mobil TLO dan all risk. Apa saja bedanya dan plus-minus kedua jenis asuransi itu? Berikut ulasannya.

Plus Minus Asuransi All Risk

Asuransi all risk adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan nasabah mengalami kerusakan ringan hingga parah. Selain itu, asuransi all risk juga menanggung risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Asuransi All Risk menjamin kerugian atas kerusakan kendaraan mayor maupun minor, perbuatan jahat orang lain, dan kendaraan hilang dicuri. Asuransi jenis ini bisa diperluas dengan jaminan kerusuhan, bencana alam, jaminan pihak ketiga, dan lain-lain.

Setidaknya ada tiga manfaat dari asuransi all risk. Pertama, mobil terlindungi secara total. Dengan asuransi all risk ini, pemilik mobil tak perlu cemas akan risiko kerusakan kendaraan. Besar/kecilnya kerusakan tidak menjadi faktor utama klaim diterima atau tidak, berbeda dengan jenis asuransi TLO yang mengharuskan kerusakan mobil di atas 75%.

Kedua, cakupan manfaat asuransi all risk lebih luas. Berbeda dengan TLO yang hanya mencakup manfaat kerusakan dan kehilangan total, asuransi mobil comprehensive memiliki pilihan perluasan jaminan. Dengan perluasan jaminan tersebut pemilik mobil bisa melindungi kendaraannya dari risiko-risiko khusus seperti bencana alam, kerusuhan, hingga tanggung jawab pihak ketiga bila kecelakaan menyebabkan pengendara lain terluka.

Ketiga, asuransi all risk juga membuat pikiran lebih tenang. Sebab, asuransi mobil all risk melindungi dari segala risiko. Pemilik mobil tidak perlu merasa takut atau cemas ketika hal buruk terjadi kepada mobil, beban biaya perbaikan juga tidak akan menguras kantong.

Namun, karena cakupan pertanggungan asuransi All Risk lebih luas, maka konsekuensinya harus membayarkan uang premi asuransi pasti lebih tinggi.

[Lanjut halaman berikutnya: Plus-minus Asuransi TLO]